Menikah Terlalu Tua Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 481 2290515 menikah-terlalu-tua-picu-kanker-payudara-mitos-atau-fakta-0DgSnX6HI6.jpg Menikah di usia tua (Foto: My Domaine)

Banyak sekali anggapan beredar di masyarakat soal menikah di usia tua, mulai dari sulit punya keturunan hingga kanker payudara. Pandangan seperti ini tak jarang membuat mereka yang sudah cukup dewasa khawatir.

Jika mengulik lebih jauh soal korelasi antara menikah di usia tua dengan risiko kanker payudara, Dokter Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, dengan tegas menjelaskan tidak ada. Ya, belum ada buktinya perempuan yang menikah di usia tua mengidap kanker payudara.

 kanker payudara

"Yang harus dibenahi dari anggapan keliru ini adalah belum ada buktinya menikah terlambat atau di usia tua meningkatkan risiko kanker payudara," tegas Prof Aru dalam Webinar beberapa waktu lalu.

Namun, ia menegaskan bahwa mereka yang menikah di usia terlalu muda malah berisiko kanker payudara. Lalu, kelompok perempuan yang tidak menyusui bayinya juga rentan kena kanker payudara.

"Jadi, bukan soal usia menikah, tapi, apakah Anda menikah dan punya anak, tapi tidak mau menyusui. Kelompok yang seperti itu terbukti rentan kanker payudara," paparnya.

Prof Aru menambahkan, seorang ibu yang menyusui bayinya risiko terkena kanker payudaranya menurun jauh. Ini membuktikan bahwa pemberian ASI ekslusif memang bermanfaat bukan hanya untuk si bayi, tapi si ibu juga.

Lalu, apakah ibu dengan kanker payudara boleh memberikan ASI? Prof Aru menjawab, harus dilihat kasus per kasus, tidak bisa dijawab secara general.

Baca juga: Intip Gaya Jessica Iskandar Pakai Dress Kuning, Netizen: Mantul Cantiknya!

"Intinya, kalau si ibu memang masih dalam pemberian obat, kami akan anjurkan untuk tidak memberikan ASI, karena dalam ASI-nya terkandung obat-obatan yang dikonsumsi si ibu dan bisa berbahaya jika masuk ke tubuh bayinya," jawabnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini