Ternyata, Cek Payudara Sendiri Lebih Penting dari Mamografi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 481 2290523 ternyata-cek-payudara-sendiri-lebih-penting-dari-mamografi-sWl7AO7Qrc.jpg Mengecek payudara cegah kanker (Foto: Forever News)

Deteksi dini kanker payudara sangat dianjurkan untuk semua perempuan. Semakin cepat terdeteksi adanya sel kanker di payudara, semakin tinggi angka kesembuhan yang dicapai.

Karena itu, skrining mandiri menjadi hal yang sepatutnya diketahui semua perempuan. Bahkan, Dokter Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP menegaskan, bahwa periksa payudara sendiri jauh lebih penting dibandingkan skrining yang dilakukan di rumah sakit, misalnya Mamografi.

 mencegah kanker payudara

"Menurut ini saya, periksa payudara sendiri (SADARI) lebih penting daripada pemeriksaan Mamografi yang dilakukan setahun dua kali atau tiga kali," terangnya dalam Webinar beberapa waktu lalu.

Prof Aru punya alasan terhadap pernyataannya tersebut. "Itu karena benjolan yang kecil pun bisa dirasakan oleh si pemilik payudara kalau diperiksa secara rutin, sambil mandi misalnya," terangnya.

Lantas, bagaimana melakukan SADARI untuk melacak adanya benjolan di payudara? Berikut tahapannya:

1. Di depan cermin angkat tangan dan periksa apakah ada kemerahan atau bengkak di payudara. 

2. Letakkan tangan di pinggang dan periksa payudara seperti pada langkah pertama.

3. Tekan payudara dari atas ke bawah dan rasakan apakah ada benjolan.

4. Tekan payudara secara melingkar dan rasakan apakah ada benjolan.

5. Tekan payudara ke arah puting dan lihat apakah ada cairan yang keluar.

6. Posisi berbaring dan tekan kembali payudara secara melingkar.

 Baca juga: Intip Gaya Jessica Iskandar Pakai Dress Kuning, Netizen: Mantul Cantiknya!

Sementara itu, pemeriksaan mamografi sendiri memang masuk ke dalam rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dalam upaya skrining kanker payudara. Pemeriksaan ini bisa dikatakan rontgen payudara.

Dikatakan di sana, dengan melakukan pemeriksaan Mamografi, perempuan bisa mengenali apakah ada sel kanker di payudaranya atau tidak sejak dini. Melakukan pemeriksaan ini pun dipercaya dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker payudara.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini