Bawang Putih Bertunas, Masih Bolehkah untuk Dimasak?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 612 2290678 bawang-putih-bertunas-masih-bolehkah-untuk-dimasak-zy2SV9M250.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGGUNAKAN bahan masakan yang sudah kedaluwarsa memang berbahaya. Sebut saja kentang yang telah bertunas, tidak boleh lagi digunakan karena aman menyebabkan masalah kesehatan serius.

Tapi, bagaimana jika yang memiliki tunas adalah bawang putih. Masih amankah untuk kita konsumsi?

Seperti dilansir dari eatbydate, menurut ahli makanan, bawang putih yang sudah mengeluarkan tunas memang masih dianggap aman dikonsumsi hingga 10 hari ke depan. Namun, jika tunas tersebut kian tumbuh, maka bawang putih tersebut akan terasa pahit.

Sebagai permulaan, tunas bawang putih sama sekali tidak beracun dan aman untuk Anda. Namun, jika Anda adalah seorang penyuka bawang putih, maka tunas tersebut akan benar-benar merusak rasa hidangan.

Bawang putih

Beberapa orang bahkan mencari tahu apakah bawang putih tersebut sudah busuk atau tidak layak pakai dengan mencium dari aromanya. Selain itu bawang putih yang telah tumbuh tunas biasanya akan berubah menjadi lembek dan tidak dapat digunakan lagi.

Menyingkirkan tunas bawang putih sangat penting untuk menciptakan rasa nikmat pada hidangan Anda. Sebuah tunas yang kecil mungkin tidak akan berpengaruh terhadap rasa makanan.

Sebenarnya mengonsumsi bawang putih sangat baik untuk kesehatan Anda. Bawang putih merupakan antibakteri, antijamur dan antioksidan yang sangat hebat. Mereka juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, C, kalsium dan juga mangan.

Namun, jika tunas tersebut sudah tumbuh hingga 2-3 inci, maka bisa memberikan rasa pahit pada makanan Anda.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini