Deretan Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 612 2290727 deretan-makanan-yang-baik-dikonsumsi-sebelum-berolahraga-arZtXict6c.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OLAHRAGA memang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh guna menangkal serangan virus dan bakteri. Tapi, jangan hanya sekadar olahraga saja tanpa diimbangi dengan asupan makanan.

Asupan makanan kaya nutrisi harus tetap dijaga agar dapat menggantikan energi yang telah hilang. Salah satu nutrisi yang bisa Anda konsumsi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling penting untuk tubuh.

Sebelum berolahraga, Anda juga wajib untuk mengonsumsi beberapa makanan karena jika Anda melewatkannya maka yang akan terjadi adalah gula darah menjadi rendah. Melatih diri dengan berolahraga membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Nah, untuk mendapatkan jumlah energi dan nutrisi yang tepat selama latihan, Anda perlu mengetahui makanan sehat sebelum berolahraga. Dikutip dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum berolahraga.

Olahraga

Pisang

Pisang sangat bagus dalam penyedia karbohidrat sebagai bahan bakar yang bisa digunakan untuk berolahraga. Pisang mengandung potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf. Memakan pisang sebelum berolahraga membuat tubuh Anda mendapat asupan protein penting guna membangun dan memperbaiki otot.

Roti Gandum

Roti gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat bagus jika dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Anda juga bisa menambahkan beberapa topping di atasnya, seperti selai dan madu.

Putih Telur

Mengonsumsi lemak dan kuning telur dapat menyebabkan kembung dan lesu saat berolahraga. Untuk itu, sebelum Anda melakukan olahraga lebih dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur karena putih telur tidak mengandung lemak dan dapat memberi Anda 4 gram protein.

Dada Ayam

Sebelum berolahraga, dada ayam sangat cocok Anda konsumsi sebagai sumber energi yang cocok. Anda bisa memanggang atau menambahkannya pada salad. Dada ayam memiliki protein tinggi sehingga sangat bagus jika dimakan sebelum berolahraga.

Alpukat

Alpukat memiliki kadar asam oleat tinggi yang dapat membantu memperbaiki sel. Jika Anda mengonsumsi alpukat sebelum berolahraga, akan mengurangi peradangan di tubuh. Lemak serat yang tinggi juga akan membuat Anda tidak merasa lapar saat berolahraga.

Yogurt

Kombinasi buah dan yogurt bisa menjadikan bahan bakar yang tepat sebelum berolahraga. Karbohidrat dari buah dan juga protein dari yogurt dapat sangat berguna untuk mencegah kerusakan otot.

Salmon dan Ubi Jalar

Salmon memiliki peptide bioaktif dan molekul protein yang berperan dalam membantu pengurangan pada radang. Salmon dan ubi jalar juga membantu tubuh dalam mengatur kadar insulin dan melindungi persendian saat berolahraga. Di sisi lain, kandungan karbohidrat komplek pada ubi jalar dapat membantu mengembalikan kadar glikogen dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini