Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 298 2290901 ini-perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta-iPGGSegK7b.jpg (Foto: Caffecarbonelli)

Mungkin Anda pernah melihat penjual biji kopi. Boleh jadi yang dijual ialah jenis biji kopi Arabika dan Robusta.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ada perbedaan antara Arabika dan Robusta? Tentunya ada perbedaan dari dua jenis biji kopi tersebut. Berikut perbedaan antara Arabika dan Robusta, dikutip Tasteofhome.

Arabika

Arabika adalah jenis kopi yang paling populer. Walaupun sebenarnya tetap tergantung pada kepada siapa Anda bertanya. Banyak penggemar kopi lebih suka menggunakan biji arabika, karena rasanya.

Biasanya biji kopi ini digunakan untuk kopi hitam, karena biji arabika memiliki rasa yang lebih manis dan lebih kompleks sehingga bisa langsung diminum. Namun, biji kopi ini memiliki kandungan kafein yang tidak sebanyak jika dibandingkan dengan biji kopi robusta.

 Biji arabika memiliki rasa yang lebih manis dan lebih kompleks.

Robusta

Meskipun Arabika adalah yang paling populer, namun robusta memiliki harga yang lebih murah dan aroma yang lebih kuat. Hanya saja rasanya yang lebih pahit dibandingkan arabika.

Robusta biasanya digunakan untuk minuman espresso dan campuran kopi instan. Robusta juga memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi.

Baca juga: Mudahnya Bikin Rainbow Cake Kukus, Dicoba Yuk

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini