Cemas, Coba Konsumsi Berbagai Makanan Berikut Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 298 2290905 cemas-coba-konsumsi-berbagai-makanan-berikut-ini-x1FVPB1VUv.jpg Makanan untuk mengatasi rasa cemas (Foto: Pixabay)

Di tengah Pandemi Covid-19 dan ketidakpastian ekonomi, banyak orang yang merasa cemas. Apalagi kemarin baru saja terjadi demo menolak omnibus law yang berakhir dengan kerusuhan di mana-mana.

Meski diserang rasa cemas, kita harus mampu mengatasinya dengan baik. Salah satunya dengan cara menenangkan diri dan memakan makanan yang sehat.

 merasa cemas

Ahli Makanan dan Psikologi, Dr Uma Naidoo, baru-baru ini menulis sebuah artikel dalam Harvard Health Publications tentang kekuatan makanan untuk mengobati kecemasan.

Dia menjelaskan bahwa, diet sehat yang seimbang dengan banyak air dan rendah kafein adalah kunci. Ada makanan tertentu untuk persediaan pada jika Anda tertarik dalam mengobati kecemasan melalui nutrisi. Inilah yang direkomendasikan Dr Uma.

1. Apa pun yang alami dan kaya magnesium. Pikirkan untuk mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Asupan kaya seng, seperti tiram, kacang mete, hati, daging sapi dan kuning telur.

3. Lemak, pilihlah salmon karena mengandung asam lemak omega 3

4. Makanan probiotik yang kaya nutrisi, seperti acar dan produk susu fermentasi.

5. Makanan kaya vitamin B, misalnya alpukat dan kacang almond.

 Baca juga: Pesona Anya Geraldine Pakai Tanktop Putih, Netizen: Mirip Aurel Hermansyah

Ketika dimakan secara teratur, semua makanan tersebut telah terbukti mengurangi gejala gangguan kecemasan. Selain itu, Dr Uma juga menyebutkan pentingnya menjaga kadar gula darah, karena dapat memperburuk tingkat kecemasan, dengan memilih karbohidrat kompleks yang memetabolisme lebih lambat.

Namun, Dr Uma memperingatkan, bahwa semua kelezatan ini adalah tambahan yang bagus untuk pengobatan, bukan pengganti. Jadi, jika memerlukan bantuan mengatasi gangguan kecemasan, sebaiknya datang berkonsultasi dengan dokter. Demikian dikutip dari Metro.co.uk.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini