Kenali Aneka Minuman Kopi, Mulai dari Latte hingga Cappuccino

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 298 2290916 kenali-aneka-minuman-kopi-mulai-dari-latte-hingga-cappuccino-aEmWjkfgF0.jpg (Foto: Thedailymeal)

Ketika Anda sedang mengantuk atau ingin agar lebih berkonsentrasi saat bekerja, Anda mungkin butuh secangkir kopi. Sebagian boleh jadi memilih untuk menuju coffee shop dan memilih minuman favorit sesuai keinginan.

Jika di coffee shop, kita akan menemukan beberapa jenis minuman yang berbahan dasar kopi. Jenis minuman tersebut mulai dari Latte hingga Cappuccino. Tahukah Anda perbedaan keduanya dan apa saja minuman berbahan dasar kopi lainnya, berikut penjelasannya dikutip dari Tasteofhome.

1. Latte

Sebagai minuman kopi paling populer, latte terdiri dari espresso, ditambah dengan susu dan sedikit busa. Latte juga bisa dinikmati secara polos atau dengan tambahan rasa, seperti vanilla, matcha, dan masih banyak lagi.

2. Black

Kopi hitam adalah sajian kopi yang paling sederhana. Karena cara membuatnya yang biasa terlibang sangat mudah, yaitu dengan menuangkan biji kopi yang sudah dibuat menjadi bubuk, kemudian direndam dalam air panas. Jika Anda ingin terlihat mewah, Anda bisa menyebut kopi hitam dengan nama aslinya: cafe noir.

3. Irish

Kopi Irlandia yang terdiri dari kopi hitam, wiski, dan gula, dengan tambahan krim di atasnya.

4. Americano

Dengan rasa yang mirip dengan kopi hitam, americano terdiri dari espresso shot yang diencerkan dengan air panas. Tips profesional: jika Anda membuat sendiri, tuangkan espresso terlebih dahulu, lalu tambahkan air panas.

5. Espresso

Minuman espresso dapat disajikan sendiri atau bisa juga digunakan sebagai dasar dari minuman kopi lain, seperti latte dan macchiato.

6. Doppio

Doppio sangat cocok untuk memberi semangat ekstra pada langkah Anda.

7. Cortado

Seperti yin dan yang, cortado adalah keseimbangan sempurna antara espresso dan susu hangat. Susu digunakan untuk mengurangi keasaman pada espresso.

8. Red Eye

Dinamai red eye, karena bisa membuat menghilangkan mata merah akibat kantuk di pagi hari. Secangkir penuh kopi panas dengan campuran espresso, akan membuat jantung Anda berdebar kencang.

9. Galão

Berasal dari Portugal, minuman kopi panas ini sangat erat kaitannya dengan latte dan cappucino. Satu-satunya perbedaan adalah ia mengandung sekitar dua kali lebih banyak susu dan lebih berbusa, menjadikannya minuman kopi yang lebih ringan dibandingkan minuman kopi lainnya.

10. Lungo

Lungo adalah espresso tarik. Semakin lama tarikan, semakin banyak kafein dan semakin banyak ons yang bisa Anda nikmati.

 Ketika Anda sedang mengantuk atau ingin agar lebih berkonsentrasi saat bekerja, Anda mungkin butuh secangkir kopi.
Baca juga: Mudahnya Bikin Rainbow Cake Kukus, Dicoba Yuk

11. Macchiato

Macchiato adalah minuman berbasis espresso lain yang memiliki sedikit busa di atasnya.

12. Mocha

Untuk semua pecinta coklat, Anda akan jatuh cinta dengan mocha. Mocha adalah minuman espresso coklat dengan tambahan susu dan busa.

13. Ristretto

Ristretto adalah minuman espresso. Minuman ini menggunakan lebih sedikit air panas yang menciptakan rasa yang lebih manis dibandingkan dengan espresso atau doppio.

14. Flat White

Minuman kelahiran Aussie ini pada dasarnya adalah cappucino tanpa busa atau taburan coklat. Ini minuman espresso dengan tambahan susu.

15. Affogato

Affogato adalah alasan untuk menikmati sesendok es krim kapan saja sepanjang hari. Disajikan dengan satu sendok es krim dan satu atau dua gelas espresso. Affogato adalah kelezatan ekstra yang disajikan di atas brownies.

16. Café au Lait

Café au lait sangat cocok untuk kopi yang minimalis tapi menginginkan sedikit rasa lebih. Cukup tambahkan sedikit susu hangat ke kopi Anda dan semuanya siap!

17. Cappuccino

Cappucino adalah latte yang dibuat dengan lebih banyak busa dan susu, seringkali ditambah dengan taburan bubuk kakao atau kayu manis di atasnya. Anda juga bisa menambahkan krim sebagai pengganti susu, atau menambahkan rasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini