Kombinasi Cokelat, Teh dan Sederet Makanan Ini Bisa Bikin Awet Muda

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 298 2291251 kombinasi-cokelat-teh-dan-sederet-makanan-ini-bisa-bikin-awet-muda-plvmIl05hf.jpg Ilustrasi Cokelat. (Foto: Shutterstock)

SIAPA yang suka makan cokelat? Makanan yang terkenal manis satu ini memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan mood.

Jika minum kopi secara teratur dikatakan dapat membuat jantung seseorang lebih sehat, maka makan cokelat dikaitkan dengan kebahagiaan. Memang, jika kita stres makan cokelat akan membantu mengurangi rasa stres tersebut.

Menurut peneliti, untuk mendapatkan manfaat secara optimal, kita harus mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc atau seng. Hal itu lantaran terjadi perlindungan terhadap stres oksidatif yang terjadi secara alami. Sekadar informasi, gas tersebut menyebabkan penuaan serta penyakit lain seperti kanker, peradangan, atau penyakit degeneratif.

cokelat

Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bila seng bekerja efektif karena kurang beracun bila dibandingkan dengan logam lain. Para peneliti pun memiliki hipotesis bila seng mungkin bisa ditambahkan ke makanan di masa depan untuk meningkatkan kesehatan konsumen.

"Sangat mungkin bahwa anggur, teh, kopi, atau cokelat di masa depan ditambahkan seng. Namun, produk itu harus non-alkohol karena kandungan alkohol apa pun dapat menghancurkan efek positif dari kombinasi ini," tulis penulis utama penelitian, Dr Ivana Ivanović-Burmazović seperti yang dikutip Okezone dari Independent.

Seng memiliki manfaat membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Dalam percobaan laboratorium, para peneliti menggabungkan cokelat dan teh atau kopi dengan logam tersebut untuk menganalisis efeknya. Di dalam makanan itu sendiri terkandung polifenol antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Menurut para peneliti, ketika cokelat dan teh atau kopi dikonsumsi sendiri, polifenol tidak dapat memecah stres oksidatif. Tetapi ketika dikombinasikan dengan seng, dapat tercipta enzim mega kompleks yang mampu melindungi tubuh dari gas limbah yang merusak.

Kombinasi yang dihasilkan mirip dengan superoksida dismutase enzim (SOD) yang terjadi secara alami. Senyawa tersebut menghancurkan gas dan melindungi tubuh.

Adapun makanan yang mengandung zinc antara lain:

1. Daging sapi

2. Kerang, tiram, kepiting atau udang

3. Buncis, lentil, kacang-kacangan

4. Biji rami, labu, wijen

5. Kacang tanah, mede, almond

6. Susu, keju, produk susu

7. Telur

8. Kentang, Kangkung, kacang hijau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini