Cemas di Tengah Pandemi Covid-19? Atasi dengan Cara Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 481 2290880 cemas-di-tengah-pandemi-covid-19-atasi-dengan-cara-ini-wcsiqJxukR.jpg Merasa cemas (Foto: Mindful)

Di tengah pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia memasuki jurang resesi, PHK banyak terjadi di mana-mana. Selain itu demo menolak Omnibus Law yang berujunng pada pengrusakan terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Semua ini tentu saja tak mengherankan jika menimbulkan rasa cemas di tengah pandemi. Dilansir dari laman Mental Health, berikut ini berbagai hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang cemas.

 pakai masker

1. Selalu jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan

Mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan sering mencuci tangan pakai sabun bisa mengurangi kecemasan akibat pandemi Covid-19. Sebab dengan menjaga kesehatan dan kebersihan, potensi kita terkena Covid-19 turun.

Saat banyak orang sedang demo, sebaiknya hindari dulu demo apalagi potensi terkena Covid-19 makin tinggi saat demo.

2. Minta bantuan medis

Jika kamu tidak bisa mengatasi rasa cemasmu sendiri, maka kamu memerlukan bantuan medis atau dokter. Bicarakan derita yang sedang kamu alami, kemudian tanya solusinya. Bisa saja mendaptkan terapi, dan perawatan lainnya.

3. Lawan rasa cemas dalam diri  

Memang sulit untuk mengatasi rasa cemas berlebihan yang terjadi kepada diri sendiri. Namun jika kamu merasa sendiri dan tidak ada yang bisa membantu meredakan rasa cemasmu, coba lawan. Yakinkan bahwa kamu bisa melewatinya. Kemudian hindari hal-hal yang dapat membuat rasa cemas itu datang. Misalnya tak perlu terus-menerus memantau korban Covid-19 yang terus merangkak naik. Sebab ini akan memperparah rasa cemasmu.

4. Memahami rasa cemasmu sendiri

Cobalah untuk mempelajari dan memahami lebih lanjut tentang ketakutan atau kecemasanmu. Buatlah buku harian kecemasan atau catatan pikiran untuk dicatat, kapan itu terjadi dan apa yang terjadi.

Kemudian kamu dapat mencoba menetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai untuk menghadapi ketakutan atau kecemasan selama ini. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi keyakinan yang mendasari kecemasan selama pandemi ini.

5. Makan sehat

Makan banyak buah dan sayuran, dan menghindari terlalu banyak gula jadi salah satu cara untuk mengurangi rasa cemas. Penurunan gula darah yang terjadi dapat membuat kamu merasa cemas. Cobalah untuk menghindari minum terlalu banyak teh dan kopi, karena kafein di dalamnya dapat meningkatkan kecemasan.

Baca juga: Pesona Anya Geraldine Pakai Tanktop Putih, Netizen: Mirip Aurel Hermansyah

6. Terapi

Beberapa orang menemukan bahwa terapi atau latihan, seperti relaksasi, meditasi, yoga, atau tai chi, dapat membantu mengatasi kecemasan. Coba praktikkan saat di rumah saja selama pandemi ya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini