5 Cara Gampang Kurangi Stres Akibat WFH

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 481 2291089 5-cara-gampang-kurangi-stres-akibat-wfh-d9iDXu7zDG.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Meski tidak ada lagi meeting di kantor yang mengharuskan Anda datang tepat waktu, bukan berarti Anda bebas dari perasaan stres saat bekerja dari rumah atau WFH.

Tentu saja, ada tekanan unik yang disebabkan oleh WFH. Seperti masalah internet hingga gangguan komunikasi, bekerja dari jarak jauh tidak selalu seperti yang kita bayangkan.

Karena itu, ada 5 tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi tingkat stres akibat WFH, seperti dilansir Stylish pada Jumat (9/10/2020).

Olahraga

Olahraga

“Terkenal sebagai salah satu hal terbaik untuk dilakukan untuk kesehatan mental dan kesejahteraan, olahraga tidak harus berarti pergi ke gym,” jelas Selby, pendiri Spabreaks.com.

Kelas yoga online atau latihan rumahan yang dipandu adalah cara yang bagus untuk terus bergerak, dibandingkan jika Anda hanya duduk-duduk di sofa sepanjang hari.

“Jika Anda bekerja dari rumah, pastikan Anda beristirahat sebentar secara teratur untuk melakukan peregangan lembut agar tubuh Anda tetap bergerak," sambungnya.

Manjakan diri Anda

Rileks

“Meskipun orang mungkin tidak dapat pergi ke spa, manfaatkan apa yang ada di rumah Anda. Berendam air panas dengan aroma esensial, manicure, maskeran atau lakukan rutinitas perawatan kulit yang mungkin biasanya Anda tidak sempat, ”kata Selby.

Berfokus pada hal-hal kecil dapat membuat diri Anda merasa lebih baik, serta membantu meningkatkan kesejahteraan Anda. Ini merupakan cara yang baik untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda dari rutinitas yang melelahkan.

Baca Juga : IDI: Klaster Demo Akan Picu Lonjakan Kasus Covid-19

Berkreasilah

Baca Buku

"Tetap terlibat dalam aktivitas selain menonton berita," saran Selby.

Maksudnya, Anda bisa mencoba untuk mengatur ulang ruangan, memasak makanan kekinian, membaca buku, dan lain-lain untuk mendapatkan perspektif baru. Tugas-tugas yang membutuhkan pikiran kita untuk berada di tempat lain menawarkan penangguhan dari stres kehidupan sehari-hari.

Meditasi

Meditasi

Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi meditasi di smartphone ataupun platform video online. Mereka akan memandu Anda melalui teknik relaksasi dan pernapasan, memberikan istirahat bagi pikiran yang bermasalah.

Gunakan teknologi untuk memerangi kesepian

Virtual Tur

"Teknologi saat ini menawarkan banyak cara untuk tetap berhubungan," jelas Selby.

Meski mungkin Anda tidak bisa pergi kafe untuk berkumpul dengan teman karena pandemi, Anda tetap bisa menyiasatinya dengan teknologi. Saat ini banyak sekali aplikasi yang menyuguhkan virtual tour, ataupun yang dibuat untuk melakukan video call dengan teman-teman Anda.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Jadi, menjaga hubungan satu sama lain sangat penting untuk mendapatkan kebahagian dan mengusir kesepian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini