Feluda, Tes Covid-19 Terbaru Pakai Kertas Ciptaan India

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 01:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 481 2291113 feluda-tes-covid-19-terbaru-pakai-kertas-ciptaan-india-2X5PnVtqMN.jpg Ilustrasi Tes Covid. (Foto: Shutterstock)

BANYAK negara berusaha mencari cara cepat dan murah untuk melakukan pemeriksaan tes Covid-19. Oleh karena itu, WHO pun menyetujui rapid test kit sebagai salah satu alternatif pengujian tes Covid-19 lantaran swab tes terlalu mahal.

Nah, baru-baru ini India mengembangkan cara tes Covid-19 baru yang dinilai lebih murah dan dianggap bisa memengaruhi negara lain dalam proses pemeriksaan.

Menurut laporan New York Post, sekelompok tim ilmuwan di India menciptakan tes Covid-19 yang berpotensi akan digunakan di negara lain. Tes Covid-19 tersebut dinamai 'Feluda'. Dalam laporan BBC, tes Feluda sendiri menggunakan teknologi pengeditan gen untuk mendeteksi virus.

Feluda sendiri merupakan tes Covid-19 paper-based pertama atau menggunakan kertas yang tersedia di pasar. Mirip dengan RT-PCR yang mengandalkan swab, tes Feluda akan hadir dalam kit yang dapat digunakan di rumah dan memberikan hasil dalam waktu kurang dari satu jam.

"Tes ini memberi tahu hasilnya lewat selembar kertas, yaitu dengan dua garis yang dimaknai hasil positif Covid-19. Sementara itu, satu garis biru yang menunjukkan bahwa orang tersebut negatif Covid-19," kata laporan tersebut.

Baca Selengkapnya: India Kembangkan Tes Covid-19 yang Lebih Murah dari Uji Swab di Indonesia

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini