Dokter Lula Kamal: Jaga Jarak dan Pakai Masker Ibarat Suami-Istri, Jangan Diceraikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 481 2291154 dokter-lula-kamal-jaga-jarak-dan-pakai-masker-ibarat-suami-istri-jangan-diceraikan-PBtrYvcfIJ.jpg Dokter Lula Kamal saat di siaran BNPB (Foto : YouTube/BNPB Indonesia)

Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau 3M adalah kunci utama untuk mencegah Covid-19. Fasilitas kesehatan yang minim serta vaksin yang belum tersedia membuat masyarakat tidak punya pilihan lain.

"Saya tahu pakai masker itu enggak enak, sebagai manusia juga pasti kita pengennya ngumpul-ngumpul. Tetapi dengan melakukan kontribusi 3M itu sudah bisa membuat Anda menjadi pahlawan demi memerangi Covid-19 ini," kata Dokter Lula Kamal seperti dikutip Okezone dari acara Protokol 3M Cegah Covid-19 pada Jumat (9/10/2020).

Selain itu, lanjut dokter Lula, memakai masker pun ada aturannya. Masker harus diganti setiap 4 jam. Baik ketika Anda mengenakan masker medis ataupun kain.

"Kenapa, karena dalam 4 jam masker akan lembap. Uap air yang dihasilkan ketika Anda bernapas atau berbicara itu membuat fungsi masker menurun," sambungnya.

Baca Juga : IDI: Klaster Demo Akan Picu Lonjakan Kasus Covid-19

Dokter Lula juga tidak menyarankan penggunaan masker scuba. Hal ini dinilai karena bahan tersebut bisa melar sehingga droplet tetap bisa masuk melalui pori-pori kain. Selain itu, masker scuba dibuat hanya dengan menggunakan 1 lapis bahan.

Selain memakai masker, menjaga jarak juga merupakan bagian terpenting yang harus dilaksanakan. Bahkan, dokter Lula mengibaratkan bahwa masker dan menjaga jarak seperti sepasang kekasih.

"Jaga jarak dan pakai masker itu ibarat suami istri, jangan diceraikan. Karena selama belum ada vaksin, cuma itu pegangan kita. Kalau mencuci tangan itu bonus," jelasnya.

Masker

Terlebih menjaga jarak harus benar-benar diperhatikan ketika Anda sedang berada di tempat makan yang tertutup dan ber AC. Karena pada saat makan, orang harus melepas masker.

"Nah kalau makan itu pasti Anda membuka masker atau berbicara. Makanya di sini cuma menjaga jarak dan cuci tanganlah pegangan Anda. Jaga jarak efisien di tempat makan minimal menjadi 2 meter, karena di sana Anda tidak menggunakan masker," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini