Rutin Olahraga Tingkatkan Kepercayaan Diri Kaum Disabilitas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 481 2291196 rutin-olahraga-tingkatkan-kepercayaan-diri-kaum-disabilitas-jWYRSoJNhs.jpg (Foto: Enable Magazine)

Olahraga dipercaya memberi dampak positif untuk kebugaran tubuh. Tidak hanya itu, bagi kaum disabilitas, aktivitas fisik ternyata memberi manfaat lain yaitu kepercayaan diri.

Ya, stigma di masyarakat yang menyatakan kaum disabilitas tidak bisa apa-apa tentunya sangat keliru. Sebab, sudah banyak sekali atlet disabilitas yang menorehkan prestasi untuk bangsa ini.

Potret tersebut menjadi bukti nyata bahwa teman-teman disabilitas setara dengan orang lainnya, bahkan bisa membanggakan ibu pertiwi. Hal ini pun diapresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

"Olahraga itu untuk semua orang, itu kenapa olahraga tanpa batas. Teman-teman disabilitas pun berhak untuk berolahraga," katanya dalam Webinar Kampanye #OlahragaTanpaBatas, Jumat (9/10/2020).

Karena olahraga tanpa batas, pemerintah dalam hal ini Kemenpora pun coba memfasilitasi teman-teman disabilitas untuk bisa berolahraga agar terbentuk minat dan bakatnya. Olahraga pun penting di masa pandemi ini, salah satunya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Dengan olahraga, tercipta kebugaran tubuh apalagi di saat pandemi ini yang belum ada vaksin. Jadi cara yang penting dilakukan teman-teman disabilitas, ya, olahraga. Jenisnya apa saja, yang penting ada gerakan fisik yang bisa dilakukan," paparnya.

Di sisi lain, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia dan Juru Bicara Bidang Sosial, Angkie Yudistia, coba menjelaskan manfaat dari olahraga bagi teman-teman disabilitas, selain untuk kebugaran tubuh.

Ya, olahraga ternyata memberi dampak positif juga di bidang psikologis dan sosiologis. Karena itu, ia berharap sekali agar teman-teman disabilitas Indonesia mau berolahraga.

 Olahraga dipercaya memberi dampak positif untuk kebugaran tubuh.

Baca juga: Yuk Coba Bikin Resep Ayam Madu ala Restoran

Mengambil hasil studi yang dilakukan South African Sports Confederation and Olympic Committee, Angkie menjelaskan bahwa teman-teman disabilitas yang berolahraga bisa mendapatkan manfaat lain selain kebugaran yaitu kepercayaan diri dan kemampuan diri meningkat.

"Dengan kata lain, penyandang disabilitas yang sering olahraga punya kepercayaan diri lebih tinggi. Ini bisa dilihat dari atlet-atlet disabilitas yang sudah banyak menorehkan prestasi. Aku bangga banget," terang Angkie di acara yang sama.

Lebih lanjut, Angkie pun menjelaskan bahwa teman-teman disabilitas yang berolahraga akan mendapatkan manfaat lain seperti perbaikan suasana hati, pengurangan kecemasan dan depresi, serta peningkatan harga diri dan keyakinan diri.

"Bahkan, olahraga bagi kaum disabilitas itu bisa memberikan pengalaman baru untuk mereka, menjalin persahabatan baru, dan tentunya melawan stigmatisasi," terang Angkie.

Karena itu, Angkie pun mengajak teman-teman disabilitas untuk aktif bergerak tentunya sesuai dengan kemampuan fisiknya. Selain itu, olahraga yang memang sesuai dengan minat pun akan membuat hati teman-teman semua bahagia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini