Stigma Negatif Covid-19 Sebabkan Penyintas Enggan Laporkan Diri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 481 2291267 stigma-negatif-covid-19-sebabkan-penyintas-enggan-laporkan-diri-CFlvA2lpP9.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Stigma negatif masyarakat yang diberikan kepada para penyintas Covid-19 memang banyak terjadi selama masa pandemi. Akibat stigma negatif ini, para penyintas Covid-19 menjadi minder dan enggan melaporkan diri bahwa sudah terinfeksi virus.

Sekadar informasi, minimnya informasi, atau informasi yang telah berdistorsi menjadi keliru membuat masyarakat mengambil informasinya yang salah. Akibatnya stigma negatif masyarakat terkait kondisi yang terjadi selama pandemi semakin marak saat ini.

Penyintas Corona

Psikolog Anak dan Keluarga sekaligus Konselor Employee Assistance Program di BUMN dan Lembaga Negara, Mira Amir, mengatakan stigma negatif yang berkembang di masyarakat ini membuat penyintas Covid-19 enggan melaporkan kondisi kesehatannya.

“Yang sakit tidak hanya sendiri, sudah banyak yang terpapar dan lingkungan kita dan petugas amat suportif dan care. Kalau kita menutupi maka beban akan disimpan sendiri. Saat bisa bersikap terbuka itu sudah setengah menuju kesembuhan. Ayo kita terbuka jujur karena itu adalah sebagian dari kesembuhan,” cetus Mira, dalam siaran langsung di channel YouTube BNPB TV, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga : IDI: Klaster Demo Akan Picu Lonjakan Kasus Covid-19

Lebih lanjut, Mira mengatakan peran serta orang-orang yang disegani dan mereka yang lebih memiliki kompetensi sangat efektif untuk memberikan literasi dalam menghindari stigma negatif terkait Covid-19.

“Sekali lagi pesan saya untuk para penyintas Covid-19, berfokuslah pada sesuatu yang bisa Anda kontrol. Alihkan pikiran ke sesuatu yang bisa kita lakukan dengan menyenangkan dan merasa positif,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini