Terkena Gas Air Mata saat Demo, Atasi dengan Cara Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 612 2290855 terkena-gas-air-mata-saat-demo-atasi-dengan-cara-ini-nhoMzq7VzG.jpg Terkena gas air mata (Foto: Taufik Budi)

Di tengah demo penolakan Undang-Undang Cipta kerja, pasti dilakukan serangan gas air mata kepada para demonstran. Akibatnya demonstran maupun masyarakat yang berada di sekitar lokasi merasakan matanya sangat perih.

Gas air mata memang dapat memicu peradangan pada selaput lendir mata dan sistem pernapasan. Kandungan dalam bahan kimia tersebut dapat menyebabkan rasa gatal, produksi air mata berlebih, sensasi terbakar, hingga gangguan penglihatan.

 gas air mata

Terkena gas air mata juga bisa menimbulkan batuk, bersin, hidung berair, nyeri dada, dan sesak napas. Iritasi pada kulit seperti tanda kemerahan, gatal, dan luka bakar pun bisa terjadi. Gejala-gejala tersebut biasanya timbul kira-kira 30 detik setelah seseorang terpapar gas air mata.

Melihat gejala yang cukup menyakitkan tersebut, dibutuhkan pertolongan pertama setelah terpapar gas air mata.

Langkah pertama yang bisa dilakukan usai terkena gas air mata adalah mencari udara segar. Segeralah pergi dari lokasi ditembakannya gas air mata menuju tempat yang lebih aman.

Udara segar dapat meredakan gejala akibat paparan gas air mata.

Kemudian untuk mengatasi iritasi mata, basuhlah daerah sekitar mata dengan air bersih selama kurang lebih 10 menit untuk meredakan gejalanya. Selain itu, bisa juga menggunakan air garam steril atau cairan infus. Selanjutnya gunakan kacamata pelindung dan masker gas atau respirator.

Jika sesak napas mulai terasa, cobalah menghirup udara dari dalam baju. Namun jika baju juga terpapar gas air mata, cara ini tidak boleh dilakukan.

Cara lain untuk mengatasi kesulitan bernapas adalah menggunakan oksigen dan bahkan obat asma. Terakhir, jika busana yang dikenakan terpapar gas air mata segera lepaskan dan basuhlah kulit menggunakan air untuk menghindari iritasi.

Sementara itu, Ketua Seksi Bidang Pemberantasan Kebutaan (SBPK) Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), dr. Umar Mardianto SpM (K) menjelaskan, beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang kebetulan melintasi lokasi demo apabila tidak sengaja terkena gas air mata.

 Baca juga: Pesona Anya Geraldine Pakai Tanktop Putih, Netizen: Mirip Aurel Hermansyah

Salah satunya adalah segera membersihkan mata dengan membilasnya menggunakan air bersih. Semakin cepat penanganan maka penyembuhannya pun akan semakin cepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini