Tanda-Tanda Kamu Overthinking, Salah Satunya Suka Memikirkan Komentar Orang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 612 2290999 tanda-tanda-kamu-overthinking-salah-satunya-suka-memikirkan-komentar-orang-GDmjKuBP6t.jpg Sering Overthinking (Foto: Medium)

Dalam menghadapi kehidupan kita sering menemukan berbagai masalah. Namun memikirkan masalah boleh saja, tapi jangan sampai overthinking yang malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Orang yang overthinking hanya akan mengalami rasa gelisah secara terus-menerus. Sebab tidak tahu bagaimana cara mengendalikan pikiran.

Oleh karena itu, kenali yuk tanda-tanda kalau kamu sudah overthinking. Usia mengenali tandanya, kamu harus belajar untuk pelan-pelan tak overthinking lagi.

 Overthinking

1. Suka mengkhawatirkan masa depan

Orang yang overthinking biasanya selalu berpikir tentang hal yang belum terjadi alias berandai-andai. Sebenarnya merupakan hal yang wajar kalau kamu berantisipasi agar hal-hal buruk tidak terjadi.

Namun, jika dipikirkan secara berlebihan, kamu akan merasa semakin gelisah akibat insecure yang membuatmu selalu merasa tidak aman. Ketimbang mengkhawatirkan masa depan, ada baiknya kamu menikmati masa sekarang sambil terus meng-upgrade diri sendiri.

Selain itu daripada terlalu memikirkan masa depan, nikmati waktumu untuk berbahagia bersama teman-teman. Juga terus bekerja keras agar hidupmu semakin membaik. Hidup sudah ada yang mengatur, yakni Tuhan, kita tinggal menjalani saja dengan baik.

2. Membuat sesuatu menjadi rumit

Orang yang gemar berpikir biasanya membuat sesuatu yang simpel menjadi rumit. Semuanya dipikirkan dengan sangat hati-hati demi memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana.

Tidak peduli waktu, kamu akan terus memikirkannya, bahkan ketika ingin tidur sekalipun. Bahkan saat ingin melakukan hal kecil, kamu membutuhkan pertimbangan matang dan mendalam seolah kamu ingin mengubah dunia. Wah jangan sia-siakan waktumu ya hanya untuk memikirkan masalah yang sama.

3. Sulit membuat keputusan

Namanya juga banyak mikir, begitu ketemu masalah otomatis kamu akan berpikir untuk mencari solusinya. Awalnya kamu berhasil menemukan jalan pemecahnya. Namun karena otak tak berhenti berpikir, kamu akan menemukan solusi yang lainnya.

Kondisi ini akan menyebabkan kamu bingung untuk mengambil solusi mana yang terbaik yang harus dipilih. Yang ada, waktu dan energi terkuras karena memikirkan hal tanpa penyelesaian kan?

 

4. Ingin semua serba sempurna

Selalu ingin terlihat serba sempurna merupakan tanda orang pemikir. Pokoknya semua yang dilakukan harus perfect. Karena biasanya overthinker sudah menganalisa dari jauh-jauh hari, maka tidak ada toleransi jika terdapat kesalahan.

Padahal, manusia itu tak pernah luput dari kesalahan. Alhasil, ketika tidak sesuai dengan ekspektasi, overthinker akan mengalami stres dan depresi.

Baca juga: Pesona Anya Geraldine Pakai Tanktop Putih, Netizen: Mirip Aurel Hermansyah

5. Selalu memikirkan komentar orang

Membawa perasaan alias baper bisa jadi tanda sederhana kalau kamu overthinking. Overthinker kerap kali terlalu memikirkan komentar orang lain hingga membuatnya sakit hati, sedih, bahkan sampai terbawa mimpi dan menderita. Makanya belajar cueklah!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini