Sering Merasa Kedinginan Usai Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 481 2291461 sering-merasa-kedinginan-usai-olahraga-mungkin-ini-penyebabnya-3UT8XmFICC.jpg Ilustrasi olah raga lari (Foto: Freepik)

Merasa kedinginan setelah olahraga? Saat cuaca dingin mungkin bisa dimengerti, tetapi mengalami hal yang sama di musim panas cukup membingungkan. Ada banyak orang yang merasa kedinginan setelah rutinitas olahraga yang intens dan sering bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi.

Pertama-tama, kedinginan tidak ada hubungannya dengan suhu luar atau cuaca. Itu semua terjadi karena perubahan yang terjadi di dalam tubuh. Melansir Times of India, berikut 5 alasan mengapa kebanyakan orang merasa kedinginan usai berolahraga.

Anda tidak melakukan pendinginan dengan benar

Pemanasan dan pendinginan adalah dua langkah penting yang harus dilakukan setiap orang selama rutinitas latihan. Saat berolahraga, suhu tubuh kita meningkat.

Pendinginan membantu tubuh Anda menurunkan suhu tubuh secara perlahan serta mengatur aliran darah. Penurunan suhu tubuh yang drastis seringkali membuat seseorang merasa kedinginan setelah sesi latihan dan meningkatkan risiko cedera.

 Ilustrasi olah raga

Baca juga: Jalan Kaki 8.000 Langkah Sehari, Turunkan Risiko Kematian Dini

Dehidrasi

 

Air sangat penting untuk mengatur suhu tubuh. Jika Anda tidak minum air dalam jumlah yang cukup setelah rutinitas olahraga, Anda mungkin tiba-tiba merasa menggigil setelahnya. Anda mungkin juga mengalami kram, pusing, dan mual.

Minumlah air dalam jumlah yang cukup sebelum Anda berolahraga. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi kembali cairan yang hilang akibat keringat setelah berolahraga.

Kenakan pakaian yang sesuai

Saat cuaca dingin, kita mempunyai kebiasaan untuk mengenakan pakaian berlapis. Ini memang membantu kita untuk menjaga suhu inti tubuh kita saat kita berhenti berolahraga.

Tetapi saat cuaca panas, banyak orang yang hampir tidak memperhatikan hal ini. Mengenakan pakaian yang tepat di saat cuaca panas sama pentingnya. Pakaian katun dapat dengan mudah membasahi keringat dan membuat Anda tetap hangat.

Kadar gula darah rendah

 

Penurunan kadar gula darah setelah sesi olahraga bisa membuat Anda merasa kedinginan. Untuk menghindarinya, lakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga.

Ilustrasi olah raga 

Saat berolahraga kadar gula darah kita menurun dan kita mulai merasa kedinginan. Makan karbohidrat kompleks dan makanan kaya protein sebelum berolahraga agar tetap bertenaga lebih lama.

 

Kurang istirahat

Menggigil juga umum terjadi saat Anda olahraga berlebihan atau tidak beristirahat di antara sesi latihan Anda. Dalam kedua kasus tersebut, otot Anda akan lelah dan tegang setelah latihan dan Anda merasa tidak enak badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini