Bulan Peduli Kanker Payudara, Jangan Lupa Terapkan CERDIK

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 11 Oktober 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 481 2291828 bulan-peduli-kanker-payudara-jangan-lupa-terapkan-cerdik-lq4oNUTCSK.jpg CERDIK deteksi dini kanker payudara (Foto: Globalnews)

Bulan Peduli Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month) diperingati pada Oktober 2020. Untuk meningkatkan kesadaran masayarakat akan bahaya kanker payudara, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bertema ‘Faktor Genetik & Kanker Payudara’.

Sekadar informasi Bulan Peduli Kanker Payudara diselenggarakan mulai dari 1 hingga 31 Oktober setiap tahunnya. Puncak kegiatan dalam rangka bulan peduli kanker payudara akan berlangsung pada 17 Oktober mengangkat tema ‘Kembali Percaya Diri Kembali Berkarya’.

Cek Payudara

Ketua Bidang Pelayanan Sosial YKI, dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid, MARS, mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap kanker payudara. Terlebih jika mengetahui ada anggota keluarga yang memiliki riwayat terkena penyakit mematikan tersebut.

“Mempunyai anggota keluarga yang terkena kanker bukan berarti berisiko terkena kanker. Namun tetap perlu untuk melakukan pemeriksaan CERDIK,” terang dr. Sonar, dalam Webinar ‘Kalbe Dukung Bulan Kesadaran Kanker Payudara’, Sabtu 10 Oktober 2020.

Baca Juga : Ternyata, Cek Payudara Sendiri Lebih Penting dari Mamografi

Seperti diketahui pemeriksaan CERDIK terdiri dari Cek Kesehatan Secara Rutin, Enyahkan Asap Rokok dan Polusi, Rajin Olahraga, Diet Berimbang (rendah lemak, kurangi karbohidrat dan tinggi serat), Istirahat Yang Cukup dan Kelola Stress.

Di saat bersamaan, dr. Sonar pun menjelaskan kepada masyarakat bahwa terdapat dua jenis kanker payudara yang wajib diketahui. Salah satunya adalah kanker payudara yang diturunkan melalui keluarga dengan riwayat kanker sebelumnya.

“Ada 2 jenis kanker payudara yaitu kanker payudara familial yang berhubungan dengan riwayat keluarga dan kanker payudara sporadic yang tidak diketahui penyebabnya,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini