Deretan Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut, Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 298 2292290 deretan-makanan-yang-menyebabkan-bau-mulut-apa-saja-OfXRQgO0Uj.jpg Ilustrasi (Foto: MedicalNewsToday)

Beberapa makanan yang dikonsumsi ternyata menimbulkan bau yang tak sedap di mulut. Dengan bau mulut yang tak sedap, hal ini mungkin akan mengganggu orang lain yang berada di dekat Anda.

Dikutip dari Global News, mengonsumsi beberapa makanan maupun minuman ini bisa mendatangkan bau mulut, apa saja?

Permen mint

Kebanyakan orang memilih makan permen mint karena rasanya segar dan dipercaya bisa mengatasi masalah bau tak sedap pada mulut. Padahal, makan permen ini malah bisa memperapah napas Anda lho, kenapa?

Kandungan minyak peppermint hanya sebagai penyegar, bukan penghilang bau mulut. Terutama penderita halitosis (merasakan bau tak sedap ketika mengembuskan napas) bertambah parah.

Kalau memang terdesak, cobalah makan permen tipis atau oral strips yang langsung melelah ketika dimasukkan ke dalam mulut. Selain itu, kandungan gula pada permen juga jadi faktor lain penyebab mulut bau, untuk itu sehabis makan permen dianjurkan minum air agar tidak menimbulkan bau tak enak.

Bawang putih & bawang merah

Tidak bisa dipungkiri jika mengonsumsi bawang sangat baik untuk kesehatan di samping sebagai penambah kelezatan masakan atau makanan yang kita konsumsi.

Nyatanya, bawang bisa berdampak pada bau napas Anda.

Menurut pakar diet Andy De Santis, bawang mengandung komponen sulfur yang sangat tinggi. Kandungan tersebut menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

“Ya, komponen tersebut bagus untuk kesehatan, tapi juga menghasilkan bau tak enak sehabis memakannya,” katanya.

 Beberapa makanan yang dikonsumsi ternyata menimbulkan bau yang tak sedap di mulut.

Baca juga: Kenali Coronasomnia, Gangguan Tidur Akibat Pandemi Virus Corona

Kopi

Di balik rasanya yang nikmat, kopi bisa memperburuk bau napas Anda hingga mengakibatkan bau mulut. Kandungan kafein di dalamnya bisa membuat mulut terasa kering, akhirnya membuat napas beraroma tak sedap.

“Mulut yang kering adalah salah satu faktor penyebab napas yang bau karena mempercepat pertumbuhan bakteri dalam mulut,” ujar De Santis.

Produk susu

Siapa sih yang gak suka susu, keju, dan produk susu lainnya? Selain tinggi kalsium, susu juga bagus untuk kesehatan.

Namun, keseringan mengonsumsinya bisa membuat mulut Anda bau.

Menurut De Santis, produk susu kaya akan asam amino, mengakibatkan bakteri betah bersarang di mulut Anda. Akhirnya, mulut Anda jadi bau.

Akan tetapi, beberapa orang yang mengonsumsi yogurt tidak menyebabkan bau mulut karena mengandung bakteri baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini