Cara Olah Daging Kambing agar Tidak Bau, Perhatikan 6 Hal Ini

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 298 2292388 cara-olah-daging-kambing-agar-tidak-bau-perhatikan-6-hal-ini-lN1sf0Gvm6.jpg Ilustrasi (Foto: Ashleymarketplus)

Daging kambing lezat bila dibuat sate maupun menu lainnya. Bagi Anda yang pernah menyiapkan hidangan daging kambing, mungkin Anda pernah menemukan bau yang tak sedap pada daging tersebut.

Agar daging kambing tidak mengeluarkan bau yang tak sedap, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Dikutip dari akun Instagram @tipsdapur, berikut ini tips bagi Anda yang ingin mengolah daging kambing.

Hindari Mencuci Daging

Jika pada daging lain harus dicuci dahulu sebelum mengolahnya, ini tidak terjadi pada daging kambing. Justru daging kambing tak perlu dicuci, karena tekstur daging akan jadi lebih alot dan aroma tak sedapnya akan semakin merebak.

Sebaiknya langsung saja rebus daging dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan daging, lalu olah daging seperti biasa.

Pilih daging yang masih segar

Ketika membeli daging kambing pastikan daging tersebut masih segar, berwarna merah, dan lengket jika dipegang.

Buang Lemak / Gajih

Saat akan melakukan proses memasak, pastikan lemak atau gajih diiris dan dibuang terlebih dahulu, sebab sebagian besar bau yang menyengat dari daging kambing berasal dari lemak tersebut.

 Daging kambing lezat bila dibuat sate maupun menu lainnya.

Baca juga: Deretan Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut, Apa Saja?

Taburi Garam / Jeruk Nipis

Agar menetralisir aroma amis yang ditimbulkan dari daging sebaiknya beri sedikit garam di seluruh daging. Selain itu, lumuri daging dengan menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dan membuat daging jadi lebih empuk, serta membunuh bakteri dan kuman.

Rebus Daging dengan Rempah-rempah

Jika Anda tetap ingin mencuci daging lebih dahulu dengan tujuan membersihkannya dari bakteri, maka rebus daging yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah, seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi, guna menghilangkan bau tak sedap.

 

Bungkus dengan Daun Pepaya

Usai proses netralisir daging, pastikan bungkus daging kambing dengan daun pepaya karena enzim yang keluar dari daun pepaya akan membuat daging kambing lebih empuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini