3 Minuman Alami untuk Memperkuat Tubuh di Tengah Pandemi

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 481 2292130 3-minuman-alami-untuk-memperkuat-tubuh-di-tengah-pandemi-mwTVhnrQAQ.jpg (Foto: Boldsky)

Virus corona yang masih menghantui kesehatan manusia saat ini sangat mengkhawatirkan. Setiap orang dianjurkan untuk memperkebal imunitas tubuhnya, yakni dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Dilansir dari Healthifyme, ada beberapa minuman alami yang dapat mempertebal imunitas tubuh dan mencegah dari virus, apa saja?

Teh Kunyit

Kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, tapi juga dapat dijadikan minuman memperkebal imun tubuh.

Di dalam kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang memodulasi sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-inflamasi teh kunyit yang kuat dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit juga.

Cara membuat teh kunyit yaitu, siapkan parutan kunyit sekitar 1 sendok makan atau 2 sendok teh bubuk kunyit, kemudian jus lemon 1 sendok makan, madu alami secukupnya, 4 gelas air.

Pertama-tama rebus kunyit dengan air selama 15-20 menit. Saring dan sajikan hangat dengan lemon dan madu secukupnya.

 Virus corona yang masih menghantui kesehatan manusia saat ini sangat mengkhawatirkan.

Campuran jahe, cabai rawit dan sari cuka apel

Jahe mengandung bahan kimia yang disebut seskuiterpen, dan dapat meredakan flu. Cabai rawit mengandung capsaicin dalam jumlah tinggi, yang menekan neuropeptida yang terlibat dalam proses inflamasi.

Sementara sari cuka apel mengandung bakteri menguntungkan, dan prebiotik yang dapat berdampak positif pada kesehatan kekebalan tubuh.

Cara membuatnya yaitu, siapkan 1 gelas air, 1 inci jahe dikupas dan diparut, madu asli dan cabai rawit secukupnya.

Kemudian, rebus air dan buang, tambahkan jahe, tutup dan biarkan selama 5 menit. Lalu tambahkan cuka sari apel, madu, dan cabai rawit, campur dan tuang ke dalam air, nikmati selagi hangat.

Baca juga: Makan Sehat, Bikin Capcay Merah Saja Yuk

Jus hijau

Selanjutnya adalah jus hijau, yang terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Di dalamnya kaya akan Vitamin A, Vitamin C, asam folat dan antioksidan lain yang mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi.

Cara membuatnya adalah pertama-tama siapkan 1 cangkir daun ketumbar, 1 cangkir daun mint, 1 cangkir bayam bayi, 1 cangkir mentimun yang sudah dicincang, 2 sendok makan perasan lemon, garam hitam secukupnya.

Kemudian siapkan blender, masukan semua bahan ke dalamnya sampai halus. Setelah semuanya halus dan berubah jadi jus, tuang ke dalam gelas, langsung minum. Lebih enak jika disimpan di dalam kulkas sebentar, supaya ada sensasi dingin yang lebih segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini