Nekat Tak Segera Atasi Gigi Berlubang, 4 Masalah Ini Akan Menghantui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 612 2292238 nekat-tak-segera-atasi-gigi-berlubang-4-masalah-ini-akan-menghantui-ty771oD1e6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAKIT gigi memang salah satu penyakit yang menyebalkan, lantaran kita akan sulit mengonsumsi makanan. Bahkan, sakit gigi bisa membuat imunitas kita turun, lantaran sakit gigi akan membuat kita kesulitan untuk tidur.

Memang, biasanya kita baru sadar adanya kerusakan gigi setelah sudah parah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk pergi ke dokter gigi secara rutin.

Selain itu, ada beberapa penyebab gigi bisa cepat rusak, antara lain karena mengonsumsi makanan panas, dingin, serta manis. Gigi yang berlubang, biasanya akan terasa ngilu dan menjadi sangat sensitif.

sakit gigi

Jika dibiarkan, hal itu memunculkan berbagai masalah lain pada gigi. Mau tahu apa saja kemungkinan buruk akibat membiarkan gigi berlubang? Simak ulasan yang dihimpun dari Reader Digest.

Infeksi

Jaringan mati yang tertinggal di gigi bisa memicu infeksi yang cukup parah. Bakteri dan racun yang berkumpul di jaringan mati ini bakal menjalar ke pipi dan mulut. Akhirnya, Anda bakal mengalami pembengkakan di sekitar rongga mulut.

Itulah beberapa masalah yang bakal timbul akibat membiarkan gigi berlubang. Jika tidak ingin hal itu terjadi, periksakan kesehatan gigi setiap enam bulan sekali.

Gigi terbelah

Gigi yang terus-menerus terasa ngilu merupakan tanda kerusakan yang parah. Dalam kondisi terburuk, hal ini menyebabkan gigi rapuh dan lebih mudah retak. Anda semestinya segera menambal atau malah mencabut gigi tersebut agar tidak timbul masalah lain.

Kerusakan saraf

Rasa sakit pada gigi berlubang yang tak kunjung ditangani memicu kerusakan saraf. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya mencabut gigi agar tidak menyebabkan masalah lain yang semakin parah.

Gigi mati

Gigi berlubang yang tidak ditangani akan mengalami kerusakan. Lama-kelamaan, rasa ngilu di gigi memang hilang. Namun, itu tandanya gigi sudah rusak karena sarafnya mati. Tidak ada gunanya mempertahankan gigi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini