Selain Bawang Putih, Ini Obat Alami Pertolongan Pertama saat Sakit Gigi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 612 2292283 selain-bawang-putih-ini-obat-alami-pertolongan-pertama-saat-sakit-gigi-7SAvoPfvL2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEBIASAAN mengonsumsi makanan manis, makanan yang terlalu panas atau dingin memang bisa membuat lubang tidak terlihat pada gigi. Lubang pada gigi ini kemudian bisa membesar dan mengakibatkan kerusakan serius pada gigi.

Ketika kerusakan pada gigi sudah terjadi, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan dalah pergi ke dokter gigi. Namun, bagaimana jika sakit gigi tidak tertahankan itu terjadi pada malam hari?

Nah, dilansir Boldsky ada beberapa bahan alami yang mudah ditemukan dapat membantu mengurangi sakit gigi. Berikut 7 bahan alami yang bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi.


Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, yang merupakan antibiotik terbaik. Bahan ini akan membunuh bakteri apapun yang bersarang di rongga mulut. Jika Anda mengunyah bawang putih, bisa menurunkan risiko peradangan dan meningkatkan kebersihan mulut.

bawang putih

Ekstrak vanili

Bahan ini dianggap ampuh sebagai obat untuk sakit gigi. Sebabnya, ekstrak vanili sifatnya mematikan rasa sakit karena sedikit konsentrasi alkoholnya. Bahan ini juga mengandung antiseptik alami, yang membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menggunakan, rendam bola kapas di dalam larutan ekstrak vanili. Letakkan di gigi yang sakit selama lima menit. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

Minyak oregano 

Minyak oregano dikenal memiliki sifat antibakteri dan anti-virus yang kuat, sehingga efektif untuk mengobati sakit gigi. Sifat anti-peradangannya juga membantu mengurangi rasa nyeri hebat, yang mengganggu aktivitas Anda.

Cara menggunakan, campurkan dua tetes minyak oregano dengan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan dan pijat ke daerah yang sakit. Terapkan dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Teh kantung

Tahukah Anda bahwa teh kantung biasa dapat membantu meringankan rasa sakit gigi? Apabila gigi terasa nyeri, tempelkan teh kantung tersebut ke bagian gigi yang sakit. Lalu, diamkan sejenak agar terasa lebih tenang. Bahan ini juga dapat mengurangi risiko peradangan yang amat mengganggu, dengan cara instan.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang membuat gigi dan gusi kuat, serta menghindari pembentukan plak. Penggunaan lemon juga menghasilkan napas yang lebih segar. Caranya, peras beberapa jus lemon segar dan pijat ke area pipi yang sakit. Lakukanlah dua kali sehari ya.

Sikat gigi

Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, yang akan membantu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, ada juga kandungan flavonoid yang mengurangi aktivitas bakteri dan peradangan. Jika ingin mengonsumsi, rebuslah segenggam daun jambu biji dan saring campurannya. Gunakan air rebusannya untuk kumur-kumur, karena bersifat antiseptik.

Minyak peppermint

Minyak peppermint dikenal mengandung bahan aktif yang disebut menthol, yang merupakan antibakteri yang sangat kuat. Itu melawan hampir semua jenis bakteri. Daun peppermint juga dikenal untuk meningkatkan kebersihan gigi. Karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan bahan ini untuk obat sakit gigi alami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini