Tanda-Tanda Sahabat Kamu Toxic, Cek di Sini

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 612 2292397 tanda-tanda-sahabat-kamu-toxic-cek-di-sini-cFmReV16Gz.jpg Tanda sahabat toxic (Foto: Lessons Learned in Life)

Dalam hubungan persahabatan tak selamanya indah dan menyenangkan. Terkadang hubungan persahabatan yang terjalin lama malah menjadi penuh konflik dan melelahkan fisik dan mental.

Misalnya saja, setiap usai bertemu dengan sahabatmu, pikiranmu malah dipenuhi negative thinking dan gelisah akibat kata-katanya. Dia juga membuat kamu insecure, maka itu pertanda jelas dia toxic.

Seperti dilansir dari Times of India, berikut ini tanda-tanda sahabatmu toxic. Apa saja?

 sedih karena tak dihargai

1. Tidak menghormati dan menghargai kamu

Dia tidak pernah menghormati dan menghargai kamu, bahkan dari segi apapun. Dia bisa saja dengan santai mengolok-olokmu di depan umum. Sikap negatifnya padamu sangat membuat kamu tidak nyaman dan tertekan.

2. Dia suka merendahkanmu 

Sahabatmu suka merendahkanmu. Misalnya saja dia mengatakan kepadamu bahwa kamu terlalu gendut dan tidak menarik sehingga tak satupun mau berkencan denganmu.

Kalau kamu menemukan sahabat atau temanmu berbicara semacam itu tegurlah dia dengan keras, kalau tak mempan tinggalkan saja. Tak perlu berteman dengan orang semacam itu.

Baca juga: Ini Penjelasan Alquran dan Sains Mengenai Terbentuknya Alam Semesta

3. Dia terus menerus membuat seolah-olah kamu orang bodoh

Sahabatmu terus-menerus memanipulasi kamu dan menyakinkanmu bahwa kamu bodoh dan tak bisa hidup tanpa dia. Dia selalu membuatmu merasa tak mampu dan tak bisa melakukan sesuatu. Ini merupakan tanda yang sangat nyata sahabatmu itu manusia toxic. Segera tinggalkan!

4. Dia selalu menuntut jadi prioritasmu

Sahabat toxic selalu menuntutmu menjadikan dirinya sebagai prioritasmu. Dia akan sangat marah jika kamu lebih mementingkan pacarmu daripada dirinya.

Kamu selalu dibuat untuk memberi mereka waktu dan perhatian, bahkan ketika kamu tidak menginginkannya. Misalnya saja dia pura-pura mau bunuh diri agar kamu memperhatikannya.

5. Kamu selalu takut rahasiamu tersebar jika curhat kepadanya

Jika kamu selalu memiliki pertanyaan, "Apakah dia dapat dipercaya?". Dan tak yakin dia akan menyimpan rahasia kamu, maka bisa saja itu tanda bahwa sahabatmu itu toxic.

6. Dia tak pernah mendukung kamu

Dia tidak pernah mendukung tujuan hidup kamu. Bahkan dia akan terus-menerus berbicara negatif tentang hal tersebut. Dia juga hampir tidak pernah mengatakan satu atau dua hal positif tentang kamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini