Brand Fashion Lokal Terpukul karena Pandemi, Kemenkop Siapkan Strategi Jualan Baru

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 194 2292916 brand-fashion-lokal-terpukul-karena-pandemi-kemenkop-siapkan-strategi-jualan-baru-i3tZDlxP7L.jpg UMKM. (Foto: Okezone)

EKONOMI kreatif menjadi penggerak UMKM di Tanah Air. Salah satu yang kian berkontribusi besar adalah UMKM bidang fashion.

Fashion Tanah Air yang terkenal hingga mancanegara adalah wastra batik dan tenun. Saat pergi ke berbagai daerah, kedua wastra diburu menjadi oleh-oleh.

Sayangnya di tengah pandemi Covid-19, banyak orang tak bisa bepergian. Dampaknya bagi pencinta wastra tak bisa langsung mendatangi sentra kain di daerah asalnya.

Begitu pula orang tak bisa pergi ke pusat perbelanjaan untuk berburu pakaian. Karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak kota.

Baca Juga: 4 Potret Outfit Ngantor ala Bunga Zainal, Kece Banget!

umkm

Padahal UMKM di bidang fashion dinilai berkontribusi besar di sektor ekonomi kreatif. Sampai akhir 2019, industri busana dan tekstil, menyumbang 18% dari pendapatan negara.

Kini produk fashion dan brand lokal mengalami penurunan penjualan. Hal ini akibat menurunnya daya beli, serta perubahan kebutuhan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM Victoria br Simanungkalit. Dia mengatakan, pemerintah saat ini sedang berusaha menggerakkan UMKM di Indonesia.

“Kami membantu UMKM, khususnya di bidang fashion, agar bangkit kembali di tengah kendala seperti saat ini," ucapnya lewat keterangan resmi Adiwarna Nusantara yang diterima Okezone, Selasa (13/10/2020).

Salah satunya lewat festival belanja online yang memudahkan masyarakat. Seperti yang dihelat KemenkopUKM yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020.

Menurutnya, fashion lokal bisa diminati masyarakat. Apalagi dengan banyaknya wastra unggulan dari berbagai daerah.

"Kami yakin, fashion lokal sangat berpotensi menjadi penggerak perekonomian nasional,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini