5 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 298 2293096 5-manfaat-brokoli-bagi-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-9DeX3i2DCX.jpg Manfaat brokoli (Foto: Healthy Recipes)

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang jadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, brokoli juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaat brokoli? Yuk simak manfaatnya seperti dilansir dari NDTV.

 brokoli

1. Meningkatkan imunitas

Vitamin C tinggi yang ada pada brokoli disebutkan dapat meningkatkan tingkat imunitas tubuh. Sebuah 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C, yang lebih dari banyak buah sitrus.

Ditambah dengan beta karoten dan sejumlah antioksidan yang membuatnya jadi sayuran sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

 

2. Menyehatkan kulit

Selain kandungan vitamin C yang melimpah, brokoli juga mengandung sejumlah asam pantotenat yang memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.

Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, brokoli mengandung asam pantotenat yang melimpah, senyawa beta karoten dan belerang, yang semuanya mendorong kesehatan kulit. Ditambah dengan kandungan vitamin C yang kaya, yang membantu pembentukan kolagen dan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Tahukah Anda bahwa brokoli hadir dengan jumlah karotenoid yang tinggi sehingga bermanfaat untuk penglihatan dan kesehatan mata? Brokoli diketahui terutama kaya akan lutein, karotenoid alami yang membantu menjaga penglihatan dan penglihatan di waktu malam dengan baik. Lutein juga bisa bermanfaat bagi kesehatan serta sirkulasi jantung.

 

4. Membantu menurunkan berat badan 

Bagi yang sedang usaha menurunkan berat badan, maka mengonsumsi brokoli jangan sampai dilewatkan. Sebab, brokoli punya kandungan serat yang ramah berat badan, dengan adanya serat ini maka membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung akan menjauhkan diri untuk makan makanan yang tidak perlu.

Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Hadir dengan kandungan beberapa mineral yang lezat seperti kalium dan magnesium. Serat tinggi brokoli dan asam lemak omega-3 disebutkan dapat membantu menjaga level kolesterol jahat. Sedangkan kalium dalam brokoli bekerja sebagai vasodilator dan memeriksa tingkat tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu brokoli cocok untuk menjaga kesehatan jantung.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini