Cara Stretching Setiap Bangun Tidur agar Punggung Tetap Rileks

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 481 2292675 cara-stretching-setiap-bangun-tidur-agar-punggung-tetap-rileks-edrGy0dN2y.jpg Ilustrasi (Foto: Menshealth)

Setiap kali bangun tidur, terkadang punggung hingga leher terasa kurang nyaman. Hal ini disebabkan posisi tidur yang kurang tepat, sehingga menyebabkan tidak nyamannya sebagian anggota tubuh. Nah untuk itu dibutuhkan stretching (peregangan).

"Tips untuk memperkuat kalau kita bangun tidur stretching-nya kayak gimana, memperkuat punggung kita supaya lebih bagus," kata workout class instructor, Toto seperti dikutip dari channel YouTube Lifestyle Fashion, Senin (12/10/2020).

Toto bilang setelah bangun tidur, cobalah sedikit perenggangan, yaitu pertama-tama rebahkan atau tidurkan badan, lalu posisikan kaki buka agak sedikit lebar, letakan tangan di samping, rileks. Tarik nafas panjang, buang perlahan.

Bantal lepas dari kepala. Kemudian gerakan kaki, buka tutup atau in out kaki terus secara perlahan. Saat kaki ke dalam tarik nafas, keluar buang nafas. Terus lakukan beberapa kali.

Kemudian tekuk kaki lutut, agak sedikit membuka. Secara perlahan coba tengok kepala ke samping kanan, pertahankan. Lalu ganti ke arah dengan cara yang sama.

Setelah itu tekan punggung bagian bawah di matras atau kasur, rileks. Rasakan bagian punggung tekan di kasur. Saat low back (bagian punggung yang sakit) menekan kasur, sedikit membongkok ke atas dan rileks. Ulang lagi beberapa kali.

 Setiap kali bangun tidur, terkadang punggung hingga leher terasa kurang nyaman.

Baca juga: Kenali Coronasomnia, Gangguan Tidur Akibat Pandemi Virus Corona

Kemudian, angkat bokong perlahan, sampai terasa kencang dan paha bagian atas terasa teregang, coba turunkan punggung bagian atas. Punggung bagian tengah, dan letakan bokong rileks.

Dilanjutkan kedua tangan lurus ke atas, berjejer dengan bahu, tekan low back angkat bokong lagi. Tahan.

Tumpuan ada di selain tumit dan bagian atas dekat bahu. "Pertahankan, turunkan dari punggung bagian atas, tengah, bawah and rileks," ujar Toto.

"Sekarang buka tangan ke arah luar. Angkat posisi kedua kaki, ayun samping kanan dan kiri kedua kaki Anda. Jagaowerback tetap rileks. Jika ingin menambah level kaki agak lurus," tambahnya.

Setelah cukup, turunkan kedua kaki. Sekarang miringkan badan, dan wake up.

Kemudian ubah posisi menjadi merangkak, lalu dorong perut ke dalam. Pastikan fokus di low back. Rileks luruskan punggung, tundukan, buang nafas dorong lagi.

"Lutut agak sedikit dibuka, jari rapatkan, dorong bokong ke arah tumit. Luruskan posisi tangan, pusatkan perut di bagian paha, pertahankan, dorong, tarik dan buang nafas," katanya.

Lalu ambil posisi depan, rapatkan kedua kaki. Putar badan ke arah samping, rasakan di sekitar pinggang, pertahankan, lalu kembali membalikan badan. Lalu lawan arah dengan posisi yang sama.

Kembali luruskan kaki ke arah depan, angkat tangan turunkan ke arah depan. Tarik nafas, ulangi perlahan. Lalu bungkukan punggung, dan pandangan ke arah lutut.

Lalu di bagian leher. Putar samping kanan pertahankan, dan ke kiri dengan cara yang sama secara perlahan. Putar terus perlahan, tundukan dan angkat dagu dengan ibu jari pertahankan, dan turunkan.

"Arah tangan ke bagian ke pundak, putar-putar berulang sambil tarik dan buang nafas," tuturnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini