Ketahui 5 Manfaat Tak Mengenakan Bra dari Sisi Kesehatan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 481 2292732 ketahui-5-manfaat-tak-mengenakan-bra-dari-sisi-kesehatan-KC04yLPByO.jpg Ilustrasi (Foto: Stuff)

No bra day atau hari tanpa bra diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Adapun tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit berbahaya kanker payudara.

Ditinjau dari sisi kesehatan, tidak mengenakan bra ternyata memiliki manfaat. Berikut ini beberapa manfaat tidak mengenakan bra, seperti dikutip dari Tip Hero.

Memperbaiki Bentuk

Bertentangan dengan apa yang mungkin kami yakini, tidak mengenakan bra tidak menyebabkan payudara Anda melorot. Faktanya, penelitian lama di Prancis telah membuktikan bahwa bra kemungkinan besar memiliki efek sebaliknya, menyebabkan payudara kehilangan bentuknya seiring waktu.

Meningkatkan sirkulasi darah

Studi yang disebutkan di atas secara singkat membahas efek pakaian (terutama pakaian yang lebih ketat) terhadap sirkulasi tubuh. Sering mengenakan pakaian ketat, terutama bra ketat, tidak begitu baik untuk sirkulasi Anda.

Semua sesak dan tekanan di sekitar dada Anda dapat memperlambat sirkulasi dengan menekan pembuluh darah utama Anda. Ini sebenarnya telah terbukti menciptakan masalah kardiovaskular di masa mendatang.

Meningkatkan kesehatan

Penelitian di Prancis yang sama yang membuktikan bahwa hari tanpa bra meningkatkan performa juga telah membuktikan bahwa, secara keseluruhan, bra tidak berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Pada dasarnya, mereka tidak akan menyebabkan kanker payudara dengan sendirinya. Ada banyak faktor genetik dan lingkungan yang berperan dalam hal itu.

Namun, tidak memakai bra akan meningkatkan kesehatan payudara Anda dengan cara lain. Selain memperlancar aliran darah, keringat dan kotoran tidak lagi terperangkap di kulit oleh bra ketat Anda. Hal ini membuat kemungkinan infeksi, ruam, dan jerawat di payudara berkurang.

Hal ini terutama berlaku jika bra yang Anda kenakan tidak pas. Bra yang tidak pas, atau memiliki underwire yang menyakitkan, akan menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan segala macam ketidaknyamanan.

Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

Memperbaiki kualitas tidur

Tidur dengan bra bukanlah sesuatu yang disetujui oleh para ilmuwan. Desas-desus tentang kebiasaan ini menyebabkan kanker payudara telah menyebar dari pengertian ini, tetapi konsekuensi yang parah ini sangat tidak mungkin dan tidak pernah terbukti kebenarannya.

Namun, terbukti bahwa memakai bra di tempat tidur lebih cenderung menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu siklus tidur Anda.

Selain itu, meskipun Anda tidak mengenakan bra di malam hari, pakaian dalam Anda mungkin masih memengaruhi ritme sirkadian Anda, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ini, dan membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Mendorong jaringan payudara yang sehat

Sebagai bagian dari studi selama 15 tahun yang disebutkan sebelumnya, para ilmuwan telah menemukan bahwa mengenakan bra dapat menghambat kemampuan Anda untuk menumbuhkan jaringan payudara yang sehat.

Jaringan payudara yang sehat penting karena banyak alasan. Jelas, jaringan sehat akan menurunkan (tetapi tidak sepenuhnya mencegah) peluang Anda untuk berbagai penyakit payudara, seperti kanker payudara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini