Rajin Sikat Gigi Bisa Cegah Kanker Lho!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 481 2292841 rajin-sikat-gigi-bisa-cegah-kanker-lho-uC8Bkev14O.jpg Gosok gigi (Foto: Bustle)

Menjaga kebersihan mulut ternyata tidak hanya memastikan gigi Anda bersih ataupun memiliki napas yang segar. Peneliti terbaru mengaitkan kebersihan mulut dengan upaya pencegahan kanker.

Para peneliti yang memfokuskan diri pada kanker menemukan fakta terbaru bahwa menggosok gigi, menggunakan benang gigi, dan berkumur meminimalisir terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Hal ini karena Anda menjamin 'pintu masuk' tubuh Anda bebas dari faktor risiko kanker.

 gosok gigi

Menurut laporan New York Post, di tahun ini saja ada tiga studi yang difokuskan pada hubungan antara kuman, Fusobacterium, nucleatum, dan kanker usus besar.

Ahli biokimia Daniel Slade dari Virginia Tech mengerjakan salah satu studi tersebut, yang menemukan sel kanker usus besar yang diserang oleh kuman menjadi meradang oleh dua protein yang disebut sitokin - dan peradangan pada gilirannya menyebabkan sel bergerak.

Penemuan ini sangat serius karena kanker kolorektal menempati urutan kedua setelah kanker paru-paru sebagai jenis yang paling mematikan di seluruh dunia.

Penelitian lain telah mengaitkan kuman dengan kanker lain, termasuk kerongkongan, pankreas, paru-paru, dan payudara. Karena itu, kesehatan mulut ternyata memberi peran luar biasa bagi pencegahan kanker yang jadi penyebab banyak kematian di dunia.

 Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

Slade mengatakan kepada The Post bahwa hubungan yang ditemukan orang lain antara penyakit gusi dan penyakit lain, misalnya penyakit jantung dan diabetes, memperkuat temuan tentang kanker juga. Jadi, masalah mulut benar-benar harus jadi hal yang mendasar bagi setiap orang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini