6 Manfaat Susu Mentah dan Cara Penggunaannya

Novia, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 481 2292868 6-manfaat-susu-mentah-dan-cara-penggunaannya-UU2jlWLtuG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Susu dapat melembabkan dan menutrisi kulit kering. Ini dapat membantu mengeluarkan kelebihan sebum dari dalam pori-pori kulit dan mengencangkan pori-pori.

Susu mentah (raw milk) dikemas dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit. Misalnya, mengandung vitamin A, yang mendukung penggantian sel kulit setiap hari, membantu memberikan penghalang terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan, mencegah berjerawat, dan meningkatkan pelembab alami.

Vitamin D dalam susu juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penuaan dini, serta membantu memudarkan noda dan noda hitam. Susu mengandung asam laktat, yang merupakan bahan dalam banyak produk perawatan kulit modern, terutama pembersih wajah anti penuaan.

Susu juga mengandung vitamin B6, biotin, protein, vitamin b12, potasium, magnesium dan selenium - yang kesemuanya dapat menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih awet muda.

Berikut adalah 6 manfaat utama susu mentah dan cara menggunakannya, dikutip dari Thehealthsite.

1. Pembersih wajah

Susu mentah dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami untuk mengeluarkan kotoran dari dalam pori-pori yang tersumbat, yang membantu mencegah komedo dan jerawat.

Dengan menggunakan kapas, gosokkan susu dengan lembut ke wajah bersih Anda dengan gerakan peredaran darah. Lakukan ini setiap hari dan Anda akan mendapatkan wajah bersih bebas minyak.

2. Pelembab

Susu adalah obat alami terbaik untuk kulit kering dan bersisik. Oleskan susu mentah dingin ke seluruh kulit kering Anda, menggunakan bola kapas. Biarkan mengering selama 15 hingga 20 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Pengobatan sederhana ini akan melembutkan kulit Anda dan menghilangkan sel-sel kulit yang mengelupas.

3. Pencerah Kulit

Asam laktat dalam susu memiliki khasiat mencerahkan kulit dan juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Warna cokelat yang tidak diinginkan, warna kulit lebih gelap, dan pigmentasi, susu mentah adalah solusi untuk semua permasalahan.

Oleskan susu segar ke kulit kecokelatan Anda beberapa menit sebelum mandi. Lakukan ini setidaknya tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

 Susu dapat melembabkan dan menutrisi kulit kering.

Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

4. Merawat wajah akibat sunburns

Mengoleskan susu secara topikal dapat membantu menenangkan dan meredakan sengatan matahari. Ini menciptakan lapisan protein tipis yang melindungi kulit dan mengurangi sensasi terbakar. Susu mengandung lemak sehat yang melumasi kulit.

5. Mandi Eksfoliasi

Pasti Anda Ingin memiliki kulit yang lembut seperti bayi, cukup dengan mandi susu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan sekitar 5 cangkir susu mentah, 1/2 cangkir madu, dan 5 tetes minyak esensial ke dalam bak berisi air hangat.

Asam laktat akan mengelupas kulit Anda sementara protein dan lemak akan melumasi dan melembutkannya.

6. Perawatan jerawat

Susu juga merupakan solusi alami untuk kulit berjerawat. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menyumbat pori-pori membentuk jerawat. Terlebih lagi, asam laktat melawan mikroba penyebab jerawat. Oleskan susu mentah pada area yang berjerawat secara teratur dan jerawat akan hilang tanpa meninggalkan bekas jerawat.

Pastikan Anda tidak alergi susu sebelum menggunakannya untuk kulit Anda. Hentikan segera jika Anda mengalami kemerahan atau ketidaknyamanan. Para ahli merekomendasikan penggunaan susu dari sapi yang diberi makan rumput untuk menghindari iritasi dan jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini