Masyarakat Sebaiknya Tak Nikmati Shisha saat Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 481 2292959 masyarakat-sebaiknya-tak-nikmati-shisha-saat-pandemi-0z4LBSJOjc.jpg Pandemi Covid-19 (Pixabay)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 101 Tahun 202 yang di dalamnya mengatur syarat restoran, rumah makan, warung makan, dan kafe, bisa beroperasi di situasi sekarang. Salah satu poinnya menjelaskan bahwa shisha tidak diperbolehkan.

"Tidak menggunakan alat makan atau alat minum yang mengharuskan pengunjung berbagi alat dalam mengonsumsinya, antara lain shisha dan menu sejenisnya," tulis Pergub tersebut.

 Shisha

Ya, penggunaan shisha yang dilakukan langsung ke mulut dan dibagikan ke orang lain dinilai menjadi faktor risiko penyebaran virus corona di masyarakat. Karena itu, shisha tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh masyarakat di masa pandemi.

Hal itu pun tertulis jelas dalam laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dalam keterangannya, perokok tembakau (rokok pipa air, bidis, cerutu, produk tembakau yang dipanaskan) mungkin lebih rentan tertular Covid-19.

"Itu karena tindakan tersebut melibatkan kontak jari (dari perokok yang diduga terkontaminasi) dengan bibir, yang mana ini meningkatkan kemungkinan terpaparnya Covid-19. Penularan virus dari tangan ke mulut," terang WHO.

Nah, shisha menjadi bagian dari kelompok tersebut, karena sering kali penggunanya melibatkan penggunaan penutup mulut dan selang, yang dapat memfasilitasi penularan virus corona di lingkungan masyarakat.

Karena itu juga, Pemerintah Mesir sudah melarang penggunaan shisha bergantian di tengah pandemi ini. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Kesehatannya.

 Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

"Merokok shisha meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Stop merokok shisha atau menggunakan alat tersebut bersama-sama," tulisnya di Facebook resmi

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini