Beautypedia, Apa Itu Pasta Gigi?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 611 2292792 beautypedia-apa-itu-pasta-gigi-Y8wrnqBHME.jpg Pasta gigi (Foto : Healthline)

Saat ini, tradisi minum kopi telah menjadi sebuah tren. Jika dahulu tradisi ngopi hanya terjadi di masyarakat kelas B, dan C. Kini kopi juga disuguhkan di kafe-kafe ternama yang terkadang hanya bisa dijamah oleh masyarakat kelas A.

Kopi mengandung warna yang cukup pekat sehingga jika Anda rutin minum kopi, maka noda kopi tersebut bisa menempel di gigi Anda sehingga mengurangi estetika. Untuk menjaga keseimbamgan warna gigi tersebut, mereka pun membersihkannya dengan pasta gigi. Mengapa pasta gigi?

Melansir Medic8 pada Selasa (13/10/2020), pasta gigi adalah bahan sejenis gel atau pasta yang diaplikasikan pada sikat gigi untuk membersihkan gigi. Zat yang sebagian besar berwarna putih ini menghilangkan partikel makanan dan plak dari gigi Anda dan juga mencegah bau mulut (halitosis).

Sikat Gigi

Pasta gigi mengandung berbagai macam bahan, misalnya fluoride yang membantu melindungi gigi dari kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Pasta gigi adalah bagian penting dari rutinitas perawatan gigi harian dan dokter gigi menganjurkan agar orang menggunakannya dua kali sehari. Idealnya, Anda akan menyikat gigi setelah setiap makan tetapi jika tidak melakukannya, dua kali sehari sudah cukup.

Baca Juga : Sederet Kesalahan Umum ketika Mencuci Wajah, Salah Satunya Tak Cuci Tangan

Apa saja isi pasta gigi?

Anda akan menemukan bahwa banyak sekali pasta gigi yang mengandung bahan yang sama tetapi beberapa produk akan memiliki penekanan tambahan pada bahan tertentu. Salah satu contohnya adalah penyedap rasa tertentu seperti mint.

Pasta gigi terdiri dari beberapa bahan yang meliputi natrium alginat, kapur atau soda kue, lauril sulfat serta bahan yang disebut 'humektan' yang memastikan pasta gigi lembap.

Selain itu, terdapat juga penyedap rasa seperti mint, flouride, air, dan juga agen anti bakteri (yang berguna untuk mencegah penyakit gusi).

Bahan-bahan tersebut pun ditimbang, dicampur bersama dalam wadah besar dan dimasukkan melalui mesin pengisi yang kemudian dimasukkan ke dalam tabung.

Pasta Gigi

Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa pasta gigi memiliki sejarah yang panjang; salah satu yang berasal dari 4.000 tahun yang lalu! Orang-orang kemudian menggunakan berbagai macam zat untuk membersihkan gigi mereka termasuk pasir, tulang ikan, dan garam!

Baru pada akhir abad kesembilan belas pasta gigi pertama kali muncul dalam tabung dan pertengahan abad kedua puluh ketika fluorida ditambahkan ke pasta gigi untuk pertama kalinya.

Pasta gigi telah berkembang sejak saat itu dan tersedia dalam bentuk gel, pasta, dengan 'garis-garis' dan lain-lain.

Saat ini ada berbagai merek pasta gigi untuk memenuhi kebutuhan semua orang. Dan, bahkan ada pasta gigi untuk anjing, misalnya pasta gigi taring rasa hati!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini