Bingung Merawat Kulit Berminyak, Coba 5 Langkah Ini

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 611 2292944 bingung-merawat-kulit-berminyak-coba-5-langkah-ini-6RY3rCzjQA.jpg Merawat kulit (Foto: Pinterest)

Setiap perempuan selalu ingin tampil cantik dan menawan. Makanya tak heran banyak perempuan rela menghabiskan banyak uang demi perawatan kecantikannya.

Dokter kecantikan dr Yessica Tania selalu memberikan tips and trik untuk kecantikan. Salah satunya cara merawat kulit berminyak.

Bingung bagaimana cara merawat kulit berminyak? Dikutip dari Instagram @dr.yessicatania, berikut ini lima cara untuk kamu merawat kulit berminyak.

 cuci muka

1. Mencuci muka dengan benar

Untuk merawat kulit berminyak, kamu harus mencuci muka maksimal 2 kali sehari yang menggunakan sabun wajah. Pilihlah sabun yang lembut, tak terlalu harum, tidak mengandung banyaka alkohol, dan sedikit deterjen.

Cuci wajah pada pagi hari dengan menggunakan air atau tanpa sabun wajah. Lalu malam hari menggunakan double cleanser, yakni oil based cleanser dan water based clenser.

2. Konsumsi makanan sehat

Kamu harus mengonsumsi banyak makanan sehat. Hindari makanan yang memicu hormon insulin dan androgen. Lalu perbanyak konsumsi antioksidan seprti buah berry, sayuran, dan lainnya.

3. Gunakan sunblock

Paparan sinar ultra violet ke kulit mempengaruhi keadaan kulit berminyak seperti peroksidasi lemak, produksi kelenjar minyak yang mengakibatkan tersumbatnya pori dan menimbulkan masalah baru. Gunakan sunblock dengan SPF 30 dan gunakan cara yang benar.

4. Gunakan pelembab

Gunakan pelembab pada pagi dan malam untuk menjaga kadar air dalam kulit sehingga membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit. Gunakan pelembab berbentuk gel atau lotion yang non komedogenic dan oil free.

 Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

5. Rutin melakukan eksfoliasi

Untuk memastikan kulit mati tidak menumpuk dan menimbulkan masalah seperti menyumbat pori- pori maka penting untuk rutin melakukan eksfoliasi. Lalu gunakan toner AHA/BHA yang mengandung asam salisilat seminggu 1-2 kali saja. Gunakanlah kapas halus dan lembut untuk melakukan eksfoliasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini