5 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami, Dicoba Yuk

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 611 2292978 5-cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami-dicoba-yuk-0MH2laelNB.jpg Merawat rambut (Foto: Smartplex)

Ketombe di rambut tentunya menjadi hal yang sangat menggangu penampilan. Ketombe sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti terlalu sering ganti produk sampo atau kurangnya kebersihan.

Ketombe pada rambut yang kondisi pada kulit kepala yang umum terjadi, biasanya berupa serpihan kulit mati yang berasal dari kulit kepala. Serpihan-serpihan ini biasanya terlihat ketika terjatuh di atas bahu, dan biasanya, ketombe juga disertai dengan rasa gatal di kulit kepala.

Untuk mengatasinya, dilansir dari The Health Site, berikut 5 cara rumahan untuk membantu menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu coba.

lidah buaya

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung khasiat penyembuhan, antibakteri dan antijamur. Menerapkan gel lidah buaya segar pada kulit kepala mencegah ketombe. Biarkan gel selama 30 menit. Cuci rambut Anda dengan sampo berbahan dasar lidah buaya.

2. Apel

Satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit. Nah, itu bisa menjauhkan ketombe Anda juga! Ini memiliki sifat anti jamur dan anti-inflamasi. Buat pasta dengan apel dan jeruk, lalu oleskan pada kulit kepala. Cuci rambut Anda setelah 20-30 menit dengan sampo.

3. Jahe

Akar jahe dan akar bit, dua ciri utama dari banyak hidangan klasik juga dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda! Haluskan jahe dan akar bit untuk membuat pasta. Setiap malam, rambut harus dipijat dengan pasta ini. Bilas di pagi hari. Ini membantu mengendalikan ketombe secara efektif dalam waktu sekitar 4 hingga 5 malam.

4. Jeruk Nipis

Jus jeruk nipis segar, minuman musim panas favorit Anda juga berfungsi sebagai penghilang ketombe. Asam dalam jeruk nipis membersihkan sel-sel mati dan membantu menyembuhkan ketombe. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis segar ke dalam air sebagai bilasan terakhir saat Anda mencuci rambut.

Baca juga: Selain Uang Kertas, Virus Corona Bertahan di Permukaan Ponsel hingga 28 Hari

5. Daun kemangi

Daun kemangi telah digunakan sejak lama untuk khasiat penyembuhannya. Buat pasta dari daun kemangi dan bubuk amla yang dicampur air. Pijat di kulit kepala. Biarkan selama setengah jam. Cuci rambut dengan air.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini