Berkenalan dengan Miss Nana, Orangutan Pertama yang Jadi Aktivis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 612 2293104 berkenalan-dengan-miss-nana-orangutan-pertama-yang-jadi-aktivis-xEvYWHyEij.jpg Miss Nana Orangutan pertama yang jadi aktivis (Foto : Worldofbuzz)

Seekor orangutan bernama Miss Nana berhasil menjadi aktivis hewan pertama di dunia. Hal ini mungkin terlihat, aneh, namun Miss Nana memang benar-benar memainkan perannya dengan sangat baik.

Ia menjadi orangutan yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu mengkhawatirkan terkait binatang berbulu serta habitatnya.

Faktanya, saat ini Miss Nana juga bekerja dalam serangkaian video yang diunggah di Youtube. Selain itu Miss Nana juga bekerjasama dengan Goodday Milk yang memilihnya sebagai duta besar dan ahli pisang.

Miss Nana

Mereka mengeluarkan serangkaian video informatif yang akan menyoroti beberapa masalah terkini, seperti perubahan iklim dan deforestasi.

Sebagaimana dilansir World of Buzz, Selasa (13/10/2020), mereka bekerja dalam dukungan penuh dari WWF-Malaysia. Miss Nana secara aktif berusaha untuk mendidik masyarakat Malaysia tentang penderitaan orangutan Kalimantan untuk melindungi mereka sebagai harta nasional.

Orangutan

Baca Juga : Jhon, Orangutan yang Sering ke Rumah Warga Kini Hidup Bebas di Belantara

Salah satu isu utama yang coba disorot oleh Miss Nana adalah fakta bahwa jumlah orangutan Kalimantan yang ada menurun dengan kecepatan yang mengerikan. Pada 2025 diperkirakan total populasi orangutan di Kalimantan hanya sekitar 47.000.

Jumlah ini kurang dari separuh populasi di 2018 yang mencapai angka 104.700. Itu adalah waktu yang sangat singkat untuk kehilangan banyak orangutan. Penurunan populasi orangutan ini disebabkan oleh: perubahan iklim, kehilangan habitat, kebakaran hutan, fragmentasi habitat dan lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini