5 Sayuran Penuh Manfaat yang Perlu Anda Konsumsi Selama Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 298 2293382 5-sayuran-penuh-manfaat-yang-perlu-anda-konsumsi-selama-pandemi-2PZDOmZHJL.jpg Tomat sehat dokonsumsi saat pandemi (Foto: Healthline)

Tren menjadi vegetarian sangat berkembang saat ini. Banyak orang memutuskan untuk menjadi vegetarian untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat di tengah pandemi Covid-19.

Nah, jika Anda merupakan seseorang yang baru saja menjadi vegetarian, berikut Okezone rekomendasikan 5 sayuran terbaik yang bisa Anda konsumsi seperti dilansir Medical News Today pada Rabu (14/10/2020).

 rumput laut

1. Rumput laut

Rumput laut adalah tanaman serba guna dan bergizi yang memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Jenis rumput laut yang umum meliputi kelp, nori, selada laut, spirulina, dan wakame.

Rumput laut adalah salah satu dari sedikit sumber nabati dari asam lemak omega-3 asam docosahexaenoic dan asam eicosapentaenoic. Asam lemak ini penting untuk kesehatan seseorang dan sebagian besar terdapat dalam daging dan produk susu.

2. Tomat

Meskipun tomat secara teknis adalah buah, kebanyakan orang memperlakukannya sebagai sayuran. Setiap cangkir tomat mentah cincang mengandung 32 kalori, 427 miligram kalium, 24,7 miligram vitamin C.

Tomat mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang mungkin berperan dalam pencegahan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mencegah kanker prostat. Beta-karoten dalam tomat juga memiliki efek antikanker.

Antioksidan kuat lainnya dalam tomat, seperti lutein dan zeaxanthin, dapat melindungi penglihatan. Studi Penyakit Mata Terkait Usia melaporkan bahwa orang yang memiliki asupan makanan tinggi zat ini memiliki 25 persen penurunan risiko degenerasi makula terkait usia.

3. Wortel

Setiap cangkir wortel cincang mengandung 52 kalori dan lebih dari empat kali lipat asupan vitamin A harian yang direkomendasikan orang dewasa dalam bentuk beta-karoten.

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang sehat, dan mendapatkan cukup nutrisi ini dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan.

Nutrisi tertentu dalam wortel mungkin juga memiliki sifat melawan kanker. Sebuah studi tahun 2011 melaporkan bahwa ekstrak jus wortel dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan sel leukemia.

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan yang termasuk dalam keluarga yang sama dengan kubis, kangkung, dan kembang kol. Ini semua adalah sayuran silangan.

Makan banyak sayuran silangan dapat mengurangi risiko kanker, yang mungkin karena sayuran ini mengandung sulforaphane. Dalam penelitian pada hewan, sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan tumor.

Baca juga: Adanya Gunung Api Bawah Laut Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

5. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau. Ini juga merupakan sumber kalsium, vitamin, zat besi, dan antioksidan. Karena kandungan zat besi dan kalsiumnya, bayam adalah tambahan yang bagus untuk diet bebas daging atau susu.

Satu cangkir bayam mentah sebagian besar terdiri dari air dan hanya mengandung 7 kalori. Ini juga menyediakan nutrisi kebutuhan harian penuh orang dewasa seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, magnesium, folat, besi, kalsium, dan antioksidan.

Vitamin K sangat penting untuk tubuh yang sehat, dan terutama untuk tulang yang kuat. Ini meningkatkan seberapa baik tubuh menyerap kalsium. Bayam juga menyediakan sejumlah zat besi yang baik untuk energi dan darah yang sehat, dan tingkat magnesium yang baik untuk fungsi otot dan saraf.

Bayam juga kaya akan antioksidan. Penelitian melaporkan bahwa daun bayam dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini