Yuk Tambah Imun Tubuh dengan Menyantap Kari Ayam Hitam

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 298 2293388 yuk-tambah-imun-tubuh-dengan-menyantap-kari-ayam-hitam-OD6xkuDTTi.jpg (Foto: Lintas iNews/YouTube)

Sangat penting untuk menambah imun tubuh di situasi rentan penyakit seperti sekarang ini. Tidak melulu tentang vitamin dan jamu saja, Anda bisa mendapatkan tambahan imun lewat konsumsi makanan yang bergizi. Ada banyak jenis makanan, salah satunya adalah Kari Ayam Hitam.

Makanan berkuah kental yang kaya akan rempah ini menggunakan keluak sebagai bumbu utamanya. Biji keluak dipakai sebagai bumbu dapur yang memberi warna hitam pada masakan. Oleh karena bumbu dan warnanya itu, masakan ini disebut Kari Ayam Hitam.

Bahan untuk membuat kuliner ini sama seperti bahan kari pada umumnya. Bedanya, pada penggunaan keluak serta tambahan serai dan daun jeruk. Keluak sangat kaya akan zat besi yang yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Namun, bila dimakan dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan mabuk.

Semua bumbu kari dihaluskan kemudian ditumis hingga harum, masukkan ayam lalu tambahkan santan dan air sebagai kuahnya, setelah itu masak sampai bumbu meresap ke dalam ayam.

 

Baca juga: Ingin Makan Sapi Lada Hitam Empuk, Ini Resepnya

Sebagai pelengkap kuliner ini disajikan dengan sambal trancam, tempe bakar, kacang panjang, kenikir dan kemangi. Akan sangat pas jika disantap dengan nasi hangat.

"Biasanya keluak dicampur sama rawon, tapi ini dicampur rempah-rempah yang keluar semua rasa gurihnya. Sambal trancamnya enak, ada kenikir dan kemangi jadi perpaduan yang cocok," ujar Diane, penikmat Kari Ayam Hitam dikutip dari Lintas iNews.

Jika di restoran Anda bisa mendapatkan seporsi Kari Ayam Hitam ini dengan membayar sebesar Rp75.000. Namun, jika Anda ingin memasaknya sendiri juga bisa, karena cara masaknya yang cukup mudah untuk diikuti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini