5 Cara untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 298 2293607 5-cara-untuk-meredakan-sakit-tenggorokan-ZUl44MRAFN.jpg (Foto: Shutterstock)

Sakit tenggorokan bisa membuat siapa pun kesulitan. Tidak hanya mengiritasi tenggorokan tapi juga bisa disertai rasa sakit, bahkan membuat tenggorokan sakit saat menelan sesuatu.

Pertanda awalnya biasa dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Selain itu, Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menambahkan kalau sakit tenggorokan merupakan tanda dan gejala dengan infeksi virus corona atau Covid-19. Namun, tidak hanya itu masih ada gejala lainnya seperti sesak nafas, batuk dan demam.

Nah, jika kamu sudah merasakan tanda-tanda sakit tenggorokan, hal pertama yang kamu cari adalah secangkir teh hangat, tapi bagaimana kalau campur dengan bahan alami? Sebagaimana dilansir dari Times Of India, berikut 5 cara mudah untuk meredakan sakit tenggorokan.

Teh Maroko

Teh Maroko adalah salah satu teh terbaik untuk meredakan sakit tenggorokan. Bagian terbaik dari teh ini Anda bisa campurkan tiga bahan bahan lainya misalkan jahe, madu, atau air lemon.

Madu

Madu melapisi tenggorokan dan sangat menenangkan serta bertindak sebagai antibiotik alami. Ini sebenarnya adalah salah satu antibiotik tertua. Untuk teh ini, Anda disarankan menggunakan madu murni untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

 Madu melapisi tenggorokan dan sangat menenangkan serta bertindak sebagai antibiotik alami.

Baca juga: Yuk Tambah Imun Tubuh dengan Menyantap Kari Ayam Hitam

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan bekerja sangat baik untuk sakit tenggorokan. Jahe membantu dengan memblokir protein pro-inflamasi dalam tubuh - protein ini menyebabkan nyeri inflamasi dan gatal-gatal.

Lemon

Lemon bagus untuk sakit tenggorokan karena membantu memecah lendir dan meredakan nyeri. Lemon juga mengandung vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberinya kekuatan untuk melawan infeksi.

Air Garam

Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan. Berkumur dengan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Lakukan sebanyak dua kali setelah sikat gigi pagi dan sebelum tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini