Pentingnya Layanan Psikologi Klinis untuk Kesehatan Jiwa Selama Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 481 2293671 pentingnya-layanan-psikologi-klinis-untuk-kesehatan-jiwa-selama-pandemi-csTZE1HYz0.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pandemi virus corona Covid-19 yang menyerang seluruh wilayah dunia telah memberikan beban mental kepada manusia. Alhasil kesehatan jiwa masyarakat selama pandemi Covid-19 sangat penting untuk diperhatikan.

Perhimpunan Dokter Spesialis kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dan Ikatan Psikologi Klinis Indonesia (IPK Indonesia) mengadakan penelitian dan menemukan gambaran masalah psikologis yang dialami masyarakat.

Isolasi Mandiri

Ketua Umum PDSKJI DR. dr. Diah Setia Utami, Sp.KJ, MARS, meminta masyarakat untuk mengakses Swaperiksa Web PDKSJI. Mereka juga diminta mengakses layanan psikologi klinis selama pandemi Covid-19.

“Sejak ditemukan kasus Covid-19 pertama kali, PDSKJI segera meluncurkan Swaperiksa Web guna mencegah kepanikan massal dalam suasana batin yang mencekam. Selain itu untuk membantu masyarakat dalam menangani perasaan tidak nyaman,” ujar dr. Diah dalam webinar Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga : 86% Wanita di Inggris Hadapi Masalah Kesehatan Mental Akibat Pandemi

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis Indonesia DR. Indria L. Gamayanti, M.Si, Psikolog menyampaikan, bahwa Tim Satgas IPK Indonesia untuk Penanggulangan Covid-19 telah memberikan layanan penanganan psikologis sejak Maret 2020 hingga sekarang.

“Baik melalui layanan tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan, layanan telekonseling, hingga layanan teks,” terang Indria.

Selama masa pandemi, IPK Indonesia melakukan pendataan terkait layanan yang diberikan oleh psikolog klinis sesuai masalah yang dikeluhkan masyarakat. Selain itu diagnosis yang diberikan berguna sebagai data konkrit untuk mengetahui kondisi kesehatan jiwa dan langkah penanganan psikologis ke depannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini