Sejumlah Khasiat Minum Jus Labu Air Dicampur Jahe

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 481 2293759 sejumlah-khasiat-minum-jus-labu-air-dicampur-jahe-0Ij4bkZ5NK.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

Labu air bisa dibuat jus dan dicampur dengan jahe. Kombinasi ini baik untuk tubuh dan bisa membantu mengobati serta mencegah penyakit tertentu, dikutip Boldsky.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan minum jus labu air dicampur jahe setiap pagi.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu kondisi di mana setiap bagian saluran kemih, terutama kandung kemih terinfeksi oleh bakteri tertentu, biasanya selama hubungan seksual. Labu air adalah diuretik alami, yang dapat membersihkan bakteri dari saluran kemih, jadi kombinasi labu air dan jahe dapat mengobati ISK.

Mengurangi panas tubuh

Sering kali cuaca panas di luar, perubahan hormon, aktivitas metabolik yang tidak normal dapat menyebabkan tubuh seseorang memanas secara internal dan menyebabkan ketidaknyamanan. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sakit kepala dan bahkan pendarahan hidung. Mengkonsumsi campuran labu air dan jahe dapat membantu menenangkan tubuh dan mengurangi gejala tersebut.

Dapat menurutkan berat badan

Mengkonsumsi campuran jus labu air dan jahe setiap pagi dapat membantu menurunkan berat badan terutama yang sedang diet karena antioksidan dan vitamin K dalam campuran bahan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme sampai batas tertentu dan jus ini juga rendah kalori. Namun, diet seimbang dan rutinitas olahraga bersama dengan jus ini sangat diperlukan untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Mengobati gangguan pencernaan

Kebiasaan makan tidak sehat, pekerjaan yang terikat meja kerja dan stres, dapat mengganggu pencernaan. Gangguan pencernaan dapat menyebabkan gastritis, mulas dan bahkan kanker usus besar. Kandungan serat dalam labu air dan enzim dalam jahe dapat membantu menetralkan asam dalam perut untuk mengatasi gangguan pencernaan.

 Kombinasi ini baik untuk tubuh dan bisa membantu mengobati serta mencegah penyakit tertentu.
(Foto: Boldsky)

Baca juga: Bolu Kecit Disukai Anak-Anak hingga Dewasa, Ini Cara Bikinnya

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga merupakan salah satu kondisi gaya hidup yang paling umum dihadapi banyak orang. Bila tekanan darah mengalir ke dinding arteri terlalu tinggi, dapat menyebabkan gejala yang tidak diinginkan, sehingga menyebabkan hipertensi. Kandungan potassium dalam campuran jus labu air dan jahe dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara alami.

Membantu Pemulihan Otot

Kombinasi labu botol dan jahe dapat membantu penyembuhan otot secara cepat, karena mengandung kalium dan antioksidan yang dapat memberi makan dan mengendurkan otot.

Mengobati peradangan hati

Hati adalah organ vital yang merupakan bagian terpenting tubuh manusia. Bila hati terkena gangguan, itu dapat berakibat fatal. Kebiasaan makan yang tidak sehat, minum berlebihan, infeksi tertentu, efek samping obat-obatan, dll, bisa menyebabkan radang hati. Dengan mengkonsumsi jus labu air dan jahe setiap pagi dapat mengobati kondisi kesehatan tersebut.

Mengurangi Morning Sickness

Wanita hamil yang mengalami morning sickness dapat mengkonsumsi campuran labu air dan jus jahe ini, karena membantu menghilangkan rasa sakit di pagi hari, dengan menetralkan asam di perut dan mengurangi ketidakseimbangan hormon. Namun, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi campuran jus labu air dan jahe dapat menjaga kesehatan jantung karena vitamin K dan antioksidan dalam campuran ini dapat menjaga aliran darah ke jantung tetap sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini