Beautypedia, Apa Itu Lensa Kontak?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 611 2293433 beautypedia-apa-itu-lensa-kontak-FvkbqWarG5.jpg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

Inovasi yang dilakukan di dunia kecantikan membuat kita dapag melakukan berbagai eksperimen. Seperti menggunakan lensa kontak misalnya.

Lensa kontak kini tak hanya digunakan oleh mereka yang memiliki gangguan penglihatan, tetapi juga bagi para wanita maupun pria yang ingin mengubah warna matanya. Anda bisa memiliki warna mata biru seperti orang Eropa hanya dengan menggunakan lensa kontak lho!

Melansir Mayo Clinic, sebenarnya lensa kontak adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah penglihatan termasuk rabun jauh (miopia), rabun dekat (hyperopia), penglihatan kabur (astigmatisme), serta hilangnya penglihatan jarak dekat terkait usia (presbiopia).

Lensa Kontak

Lensa kontak lunak lebih nyaman dan lebih mudah beradaptasi daripada lensa permeabel yang kaku. Lensa kontak lunak tersedia dalam berbagai jenis, seperti:

- Lensa pakai sehari-hari

Lensa pakai satu hari dibuat untuk pemakaian satu hari. Anda dapat mencopot dan membuangnya di malam hari. Pilihan lain termasuk lensa sekali pakai dua minggu, lensa sekali pakai bulanan dan, untuk beberapa resep, lensa sekali pakai triwulanan. Biasanya, Anda melepas lensa ini setiap malam untuk dibersihkan dan didisinfeksi.

- Lensa pakai semalam

Beberapa lensa kontak lunak bisa dipakai hingga 30 hari terus menerus, termasuk saat Anda tidur. Namun, pemakaian lensa jenis ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti penumpukan kotoran di bawah lensa, masalah kornea, atau infeksi mata yang serius.

Baca Juga : Mengenal Lensa Kontak Berbahan Silikon Hidrogel, Bisa Digunakan Lebih Lama

Lensa kontak khusus

Bergantung pada kebutuhan penglihatan Anda, Anda mungkin mempertimbangkan lensa kontak khusus, seperti:

- Lensa kontak hybrid

Lensa kontak hibrida memiliki pusat permeabel gas kaku yang dikelilingi oleh cincin luar yang lembut. Mereka dapat memperbaiki rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme dan kehilangan penglihatan jarak dekat terkait usia, serta kelengkungan kornea yang tidak teratur (keratoconus). Mereka juga mungkin lebih nyaman dipakai daripada lensa permeabel gas tradisional.

- Lensa kontak multifokal

Lensa ini tersedia dalam berbagai bahan dan dapat memperbaiki rabun jauh, rabun dekat, dan presbiopia pada saat yang bersamaan.

- Lensa kontak berwarna

Lensa Kontak

Lensa kontak dapat diwarnai untuk tujuan kosmetik atau terapeutik. Pewarnaan dapat meningkatkan persepsi warna dan mengimbangi kebutaan warna.

- Lensa kontak skleral

Lensa permeabel gas kaku ini lebih besar dari kebanyakan produk, meluas ke lapisan luar putih bola mata (sklera). Mereka dapat membantu memperbaiki penglihatan jika Anda memiliki kornea yang tidak teratur atau terdistorsi.

- Orthokeratology

Lensa permeabel gas kaku khusus ini dipakai saat Anda tidur untuk mengubah lekukan kornea Anda sementara. Ini menciptakan penglihatan yang jelas saat Anda bangun.

- Lapisan lensa kontak

Perawatan ini membuat permukaan lensa menjadi licin dan lebih tahan terhadap bakteri yang menempel padanya. Lapisan dapat diterapkan pada lensa kontak permeabel gas yang lunak dan kaku.

Sebelum mendapatkan lensa kontak, temui dokter mata Anda untuk pemeriksaan dan pemasangan yang menyeluruh. Anda mungkin memerlukan pemeriksaan lanjutan setelah satu minggu, satu bulan dan enam bulan, dan kemudian sekali setiap tahun atau dua tahun.

Menghindari komplikasi

Mengenakan lensa kontak dapat menyebabkan masalah mulai dari ketidaknyamanan hingga infeksi yang parah. Untuk mencegah masalah diperlukan beberapa tips berikut:

- Praktikkan kebersihan yang baik

Sebelum menyentuh lensa kontak, cuci tangan Anda dengan sabun dan air, bilas dan keringkan dengan handuk bebas serat.

- Minimalkan kontak dengan air

Lepaskan lensa kontak Anda sebelum berenang atau gunakan bak mandi air panas. Jangan memasukkan lensa ke dalam mulut untuk membasahinya.

- Berhati-hatilah dengan solusi lensa kontak

Gunakan hanya produk yang disiapkan secara komersial dan steril yang dirancang untuk jenis lensa kontak yang Anda pakai. Buang larutan dalam wadah lensa kontak setiap kali Anda mendisinfeksi dan menyimpan lensa Anda. Gosok dan bilas lensa Anda dengan lembut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan gunakan solusi kontak yang melewati tanggal kedaluwarsa.

Lensa Kontak

- Ganti lensa kontak dan casing seperti yang direkomendasikan

Ikuti panduan pabrik untuk mengganti lensa kontak Anda. Bersihkan dan bilas casing Anda dengan larutan lensa kontak steril setiap kali Anda selesai menggunakannya. Jangan gunakan air biasa. Pertimbangkan untuk membalik casing saat mengeringkan udara untuk mengeringkan larutan apa pun. Ganti casing Anda setiap tiga bulan.

Hindari lensa kontak yang dijual bebas

Lensa ini dapat menyebabkan cedera mata dan infeksi. Jika Anda tertarik dengan lensa kontak dekoratif, bicarakan dengan dokter mata Anda.

Bahkan dengan penggunaan dan perawatan yang tepat, mata kering bisa menjadi masalah bagi pemakai lensa kontak. Jika mata Anda gatal atau merah, lepaskan lensa kontak Anda dan gunakan obat tetes mata pelumas.

Jika penglihatan Anda menjadi kabur atau Anda mengalami sakit mata atau sangat sensitif terhadap cahaya, temui dokter mata Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini