5 Mitos Hubungan Asmara yang Toxic, Jangan Sampai Terjerumus!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 22:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 612 2293551 5-mitos-hubungan-asmara-yang-toxic-jangan-sampai-terjerumus-znakFQ6wdo.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Menjalin hubungan memang tak pernah lepas dari masalah. Untuk itu, Anda pun pasti ingin mencari cara bagaimana menjaga agar hubungan Anda tetap harmonis.

Dengan demikian, Anda pun mulai mencari-cari informasi tersebut. Hal ini memang baik, tetapi kemungkinan informasi yang tersedia bebas di internet merupakan mitos yang tidak sepenuhnya benar.

Jika Anda mengaplikasikan mitos tersebut di dalam hubungan, bisa jadi Anda terjerumus di dalam lingkaran toxic relationship. Untuk itu, berikut 5 mitos mengenai toxic relationship yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilansir Boldsky pada Rabu (14/10/2020).

Jika pasangan Anda posesif, berarti dia sangat mencintai Anda

Posesif

Terkadang memang benar bahwa orang sering kali posesif untuk orang terdekatnya. Tetapi jika Anda berpikir bahwa menjadi posesif adalah tanda cinta sejati, maka ini hanyalah mitos beracun. Menjadi posesif tidak menunjukkan bahwa Anda mencintai seseorang.

Itu hanya menunjukkan bahwa Anda ingin memiliki pasangan hanya untuk diri Anda sendiri. Anda tidak ingin dia bergaul dengan siapa pun atau mengejar minat atau hobi apa pun. Misalnya, Anda mungkin tidak suka saat pasangan Anda bergaul dengan teman-temannya. Sifat posesif Anda tidak menunjukkan apa pun kecuali insecure dan kurangnya kepercayaan Anda.

Cinta sejati adalah ketika pasangan bisa membaca pikiran satu sama lain

Sejujurnya, tidak ada yang bisa membaca pikiran siapa pun. Hanya saja setelah tinggal bersama, pasangan cenderung memprediksi pemikiran, ide, pilihan, dan pendapat orang penting mereka.

Mereka mampu memahami apa yang pasangannya ingin miliki atau mengapa mereka sedih atau apa yang ingin mereka katakan. Tapi seseorang tidak pernah bisa membaca pikirannya. Jadi, jika Anda selalu mengharapkan pasangan Anda membaca pikiran Anda, hanya karena Anda bersama, maka ini bisa sangat merusak hubungan Anda.

Baca Juga : 5 Alasan Kamu Merasa Kesepian meski Punya Pacar

Hubungan Akan Langgeng Jika Memiliki Anak

Film, sinetron harian, dan beberapa konsep klise telah membuat orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk membuat hubungan atau pernikahan bertahan lama adalah dengan memiliki anak. Tetapi ini tidak benar karena memiliki anak dapat memengaruhi hubungan Anda baik secara negatif maupun positif.

Misalnya, jika Anda dan pasangan siap untuk memiliki anak dan mengemban tanggung jawab yang menyertai, ini pasti bisa menjadi hal yang baik. Tetapi jika Anda selalu bertengkar satu sama lain dan jarang saling menghormati batasan, ruang pribadi, pilihan, pendapat, dan pemikiran satu sama lain, maka memiliki anak tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan.

Kecemburuan Adalah Tanda Cinta Sejati

Anda mungkin merasa cemburu pada teman-teman si pasangan, ini merupakan hal normal bagi banyak orang. Tetapi yang tidak dapat diterima adalah anggapan bahwa kecemburuan adalah tanda cinta sejati.

Jika seseorang terus-menerus cemburu pada pasangannya atau teman-temannya, maka ini tidak lain adalah racun. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut merasa insecure dan iri pada orang terdekatnya. Pada kenyataannya, kecemburuan adalah tentang seberapa aman dan bahagianya Anda dengan diri sendiri dan hubungan Anda.

Cemburu

Anda Harus Selalu Memberi Dan Tidak Mengharapkan

Jika Anda berpikir memberikan segalanya dalam hubungan dan tidak mengharapkan apa pun adalah hal yang hebat, maka ini salah. Hubungan yang sehat harus tentang memberi dan menerima.

Tetapi jika hubungan Anda hanya tentang memberi dan tidak mendapatkan imbalan apa pun, maka ada sesuatu yang salah dengan itu. Ketika kita berbicara tentang mendapatkan sesuatu sebagai balasannya, yang kita maksudkan adalah tentang rasa hormat, cinta, syukur, perhatian dan kasih sayang juga. Jika pasangan Anda tidak pernah mengakui usaha Anda dan menganggap Anda remeh, ini bisa menimbulkan masalah parah dalam hubungan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini