WHO: Anak Muda Sehat Divaksin Covid-19 pada 2022

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 481 2294013 who-anak-muda-sehat-divaksin-covid-19-pada-2022-bhMDTbPxzM.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Anak muda yang sehat kemungkinan belum bisa mendapat vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Namun baru akan mendapat vaksin Covid-19 sampai 2022. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), hal ini terjadi karena pejabat kesehatan masyarakat akan fokus pada imunisasi orangtua dan kelompok rentan.

Kepala Ilmuwan WHO, Dr Soumya Swaminathan, menyatakan bahwa petugas kesehatan, pekerja garis depan, dan orangtua kemungkinan akan ditawari vaksin terlebih dulu. Meski, pembahasan soal rincian prioritas ini masih dibahas WHO dan kelompok penasihatnya.

Baca Juga : Uji Coba Vaksin Covid-19 Libatkan Anak 12 Tahun, Amankah?

Di samping itu, vaksin Covid-19 sendiri belum dianggap aman dan efektif oleh WHO, Uni Eropa, atau Amerika Serikat.

"Orang cenderung berpikir bahwa pada 1 Januari atau 1 April 2021, mereka akan mendapatkan vaksin Covid-19 dan setelah itu semuanya akan kembali normal. Faktanya tidak sesederhana itu," terang Swaminathan, dikutip CNBC.

Dia menambahkan, dunia baru akan memiliki vaksin Covid-19 yang aman dan efektif sekitar 2021 dengan jumlah yang terbatas. Perlu diketahui, lebih dari 10 vaksin Covid-19 tengah dikembangkan di seluruh dunia dan rerata sudah diuji klinis tahap akhir.

Swaminathan melanjutkan, karena berbagai vaksin berpotensi didistribusikan, SAGE atau kelompok penasihat strategis yang terdiri dari para ahli imunisasi pun merilis panduan tentang golongan populasi yang paling cocok untuk setiap vaksin dan cara mendistribusikannya secara logistik.

vaksin covid-19

"Umumnya, kami setuju vaksinasi Covid-19 pertama kali diberikan untuk petugas kesehatan dan petugas garis depan, tetapi tidak semua petugas juga diberikan di awal, lalu orangtua, dan seterusnya," terang Swaminathan.

Ia menuturkan, akan ada banyak panduan yang keluar. "Tapi, saya pikir rerata anak muda yang sehat mungkin harus menunggu jadwal vaksinasi Covid-19 hingga 2022," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini