Deretan Khasiat Kacang Tanah, Salah Satunya Bantu Mengatur Gula Darah

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 481 2294219 deretan-khasiat-kacang-tanah-salah-satunya-bantu-mengatur-gula-darah-Y6BvgRXnYV.jpg Ilustrasi

Kacang tanah merupakan makanan yang bisa dijadikan camilan. Ketika berkumpul di tengah keluarga, kacang tanah bisa menjadi sajian ringan yang tepat.

Di balik rasanya yang enak, ternyata kacang tanah mempunyai beragam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah yang perlu Anda ketahui, dilansir Boldsky.

Mengurangi risiko stroke

Kacang tanah mengandung HDL dalam jumlah tinggi, yang dikenal sebagai kolesterol baik. Makanan ini juga mengandung asam lemak omega 3 sehat, yang menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kebersihan arteri kita. Anda tentu akan terhindar dari penyakit pembuluh darah, seperti stroke apabila sering ngemil kacang tanah.

Menurunkan kolesterol buruk

Kacang tanah sering diabaikan untuk kandungan lemaknya. Tapi sebenarnya lemak baik dalam kacang tanah membantu menjaga kesehatan jantung. Makan kacang tanah juga bisa mencegah penumpukan kolesterol di arteri darah, sehingga mengurangi risiko penahanan jantung.

Mengatur gula darah

Kacang tanah yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Sifat antioksidan juga membantu memperbaiki kerusakan vaskular yang dilakukan oleh kelebihan gula darah dalam tubuh. Karenanya, Anda juga bisa terhindar dari diabetes, serta melakukan gaya hidup sehat lainnya.

 Kacang tanah merupakan makanan yang bisa dijadikan camilan.

Baca juga: Tahu Isi Kukus, Camilan Sehat untuk Temani Ngopi

Menjaga berat badan

Seperti kita tahu, kacang tanah dikenal mengandung tinggi protein dan rendah kalori. Makan kacang tanah dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Ngemil makanan ini juga menekan nafsu makan dalam sehari.

Mencegah penyakit kantung empedu

Penyakit kantung empedu, terutama batu empedu tak sedikit dialami banyak orang. Tapi sayang, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit itu, karena hampir tidak bergejala sama sekali. Tapi sekali terdiagnosis, mereka kena penyakit itu. Untuk pencegahan, Anda bisa mengonsumsi kacang tanah yang melimpah khasiatnya.

Mengurangi risiko kanker colon

Kacang tanah mengandung tinggi antioksidan dan polifenol, yang merupakan agen anti kanker. Khasiatnya tentu dapat mengurangi risiko kanker usus dan perut. Kacang tanah juga mengurangi produksi karsinogen, serta mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas di tubuh kita.

Meningkatkan kesuburan

Kacang tanah kaya akan asam folat yang meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita. Folat dikatakan penting dalam perkembangan janin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini