Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 481 2294231 manfaat-jalan-kaki-yang-perlu-anda-ketahui-ptTD1VGVmB.jpg Manfaat jalan kaki (Foto: NBC News)

Jalan kaki setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan berat badan. Bagi mereka yang tidak bisa pergi ke gym atau melakukan olahraga berat, berjalan kaki adalah cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat.

Menariknya, menurut sebuah penelitian baru yang dilansir Times of India, berjalan kaki setelah makan bisa memberikan manfaat kesehatan tambahan.

 jalan kaki

Tak perlu dikatakan bahwa berjalan setiap hari sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental, namun berjalan kaki setelah makan sangat membantu dalam penurunan berat badan dan pengelolaan diabetes. Orang yang tidak memiliki kondisi kesehatan baik bisa berjalan setiap hari untuk mencegah komplikasi kesehatan di masa depan.

Sejatinya menambahkan lebih banyak gerakan dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan dengan demikian penurunan terjadilah penurunan berat badan.

Berjalan secara teratur tidak hanya bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan tapi juga membantu mengelola kadar gula darah. Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 menemukan bahwa berjalan 10 menit setelah setiap makan membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

Berjalan 10 menit setelah makan lebih menguntungkan daripada berjalan selama 30 menit selama waktu lain sepanjang hari.

Bagaimana berjalan dapat mengontrol gula darah dan menurunkan berat badan?

Bila Anda berjalan atau melakukan bentuk latihan lainnya, tingkat detak jantung Anda meningkat dan otot Anda mulai lebih memilih karbohidrat atau gula sebagai sumber energi utama.

Bila Anda mengonsumsi karbohidrat dalam makan, akan terjadi lonjakan gula darah karena ini adalah tugas insulin untuk membantu menarik gula itu dari darah dan mengirimkannya ke semua sel tubuh.

Bila Anda berjalan setelah makan, otot-otot Anda membutuhkan jumlah gula yang meningkat, yang membantu kita menyingkirkan gula ekstra di aliran darah. Mengelola tingkat gula darah dapat membantu penurunan berat badan.

Ada berbagai aturan dan rekomendasi tentang jumlah dan jenis latihan yang harus Anda lakukan setiap hari. American Heart Association merekomendasikan 150 menit latihan aerobat intensitas moderat seperti berjalan setiap minggu.

Berjalan dengan kecepatan sedang selama 21 menit setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ini juga mempromosikan kesehatan tulang dan penurunan berat badan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini