Anak Sariawan, Obat Oles atau Kumur yang Manjur Diberikan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 481 2294245 anak-sariawan-obat-oles-atau-kumur-yang-manjur-diberikan-GblhQtQAZE.jpg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

Sebagai orangtua, Anda mungkin bingung harus memberikan obat jenis apa ke anak ketika dia mengeluh ada sariawan. Di sisi lain, Anda semacam dituntut untuk segera mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Ya, ketika si anak sariawan, maka secara tdak langsung akan memberi dampak buruk pada kesehatan tubuhnya. Maksudnya, si anak akan susah makan dan minum. Kalau ini sudah terjadi, pasti akan memengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh anak.

Anak Sariawan

Dari banyaknya jenis obat sariawan yang ada di pasaran, mungkin Anda sebagai orangtua juga bingung obat seperti apa yang benar diberikan untuk anak. Nah, Dokter Spesialis Anak dr Herwanto, SpA, punya penjelasan mengenai hal ini.

Baca Juga : Tanda-Tanda Anak Alami Sariawan, Mudah Banget Ditebak!

Menurut dia, itu kembali ke usia, karena akan memengaruhi kenyamanan si anak saat atau setelah mendapatkan obat tersebut.

"Jadi, pada anak-anak atau bahkan bayi yang masih sangat kecil, obat sariawan yang tepat untuk usia ini adalah obat oles. Selain karena tepat sasaran, si anak tidak mengalami kesulitan karena orangtuanya yang melakukan," papar dr Herwanto.

Namun, obat oles ini agak riskan ketika letak sariawannya terlalu dalam, meski pada dasarnya bisa dilakukan. "Kalau memang terlalu dalam, orangtua bisa gunakan obat sariawan jenis sprey," tambah dr Herwanto.

Ia melanjutkan, pada anak-anak yang sudah agak besar hingga remaja, maka obat sariawan yang disarankan bisa oles ataupun kumur. Obat jenis ini sangat direkomendasikan dipakai anak-anak yang memang sudah bisa diajak atau diberi arahan.

Anak Berkumur

Sebab, dalam proses berkumur, tidak semua anak juga mengerti bagaimana caranya. Tapi, kalau memang sudah paham bagaimana caranya dan tidak ada masalah dengan obat kumur, maka bisa diberikan.

"Intinya, untuk anak kecil itu obat oles sariawan paling tepat, kemudian jika letak sariawannya terllau dalam, maka pakai obat sprey. Kemudian, pada anak yang sudah besar, dia bisa diberikan obat sariawan kumur, sprey, ataupun oles," papar dr Herwanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini