Masuk Kantor Lagi, Ini 4 Cara Aman Naik Transportasi Umum di Tengah Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 481 2294287 masuk-kantor-lagi-ini-4-cara-aman-naik-transportasi-umum-di-tengah-pandemi-i6c0DvXRAK.jpg Pandemi Covid-19 (Pixabay)

Di tengah pandemi Covid-19, kantor sudah banyak yang buka kembali. Sebab kalau tidak buka, bisa-bisa perekonomian mandeg dan terjadi banyak PHK.

Bagi kamu yang sudah masuk kantor lagi di tengah pandemi, Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menjelaskan 4 cara aman naik transportasi umum di tengah pandemi Covid-19.

 naik KRL

1. Tak usah berpergian kalau tak penting

Menurut Dicky prinsip pertama yang harus benar-benar diantisipasi masyarakat dalam menghindari corona di moda transportasi adalah tidak berpergian jika tidak terlalu penting.

Dicky mengatakan, apapun kendaraan yang akan dipilih untuk berkativitas diluar pencegahan yang paling efektif adalah tidak pergi.

Namun soal pergi ke kantor tentu beda. Ini merupakan pekerjaan penting. Tapi lakukan dengan cara aman pakai masker dan jaga jarak.

2. Hindari waktu padat penumpang

Moda transportasi seringkali mengalami penumpukan kendaraan, kondisi tersebut sangat rentan terpapar virus corona. Setiap orang juga harus mengetahui jam sibuk sehingga dapat menghindar.

Menurut Dicky, jika jarak keluar yang akan dituju dekat atau bisa ditempuh dengan berjalan kaki, maka hal tersebut lebih tepat dilakukan.

 

3. Selalu pakai masker dan bawa hand sanitizer

Masker merupakan satu hal yang wajib dibawa ditengah pandemi corona. Penggunaan masker dinilai ampuh untuk mencegah terjadinya penularan.

Selain itu, mereka yang hendak berpergian juga harus selalu membawa hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan di dalam air mengalir.

 Baca juga: 7 Momen Haru Pengajian Nikita Willy Jelang Pernikahan

4. Jaga jarak antar penumpang

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga jarak antar penumpang. Jaga jarak harus dilakukan meski satu sama lainya telah menggunakan masker dan sebagainya guna antisipasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini