5 Pertolongan Pertama Atasi Benjol Kala Bayi Terbentur

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 612 2294328 5-pertolongan-pertama-atasi-benjol-kala-bayi-terbentur-D3GIZ36CpJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA anak kecil memang membutuhkan perhatian ekstra, apalagi jika anak Anda sangat aktif. Meleng sedikit, bukan tidak mungkin anak-anak terbentur.

Bermain di bawah meja ataupun bangku mungkin menjadi petualangan sendiri di benak mereka. Tapi, dengan usianya yang masih kecil anak-anak kerap sembrono dan akibatnya membentur perabotan, kemudian berakhir dengan kepala benjol.

Dikutip Boldsky, ada lima langkah tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada si buah hati yang kepalanya benjol.

Cek posisi benjolan

Anda juga perlu memeriksa letak benjolan di kepala si buah hati. Jika ada benjolan di bagian kepala depan, Anda jangan terlalu khawatir. Sebaliknya, jika balita Anda punya benjolan di bagan kepala belakang, harap waspada dan segera cek ke dokter!

Gosok kepalanya

Benturan yang keras akan membuat bayi menangis dan merasa kesakitan. Coba gosokkan telapak tangan Anda di bagian luka, agar darah tidak menggumpal dan meminimalisir benjolan.

bayi terbentur

Cek bengkak atau tidak

Tunggu 30 menit untuk melihat apakah kepala bayi Anda benjol dan membengkak. Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika tidak ada wujud pembengkakan di kepala berupa benjolan yang parah. Tinggal bagaimana Anda bisa mengobati luka si buah hati dan menenangkan dia.

Kompres es batu

Saat melihat ada pembengkakan di kepala, coba oleskan es batu yang dibungkus dengan kain. Es batu ternyata dapat meminimalisiri rasa sakit dan juga mengurangi pembengkakan yang terbentuk pada kepala si buah hati.

Periksa luka

Ketika bayi Anda mendapat benjolan kepala akibat jatuh atau karena luka sayatan benda tajam, cepat-cepat beri antiseptik, tepat di bagian lukanya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini