Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Yuk Lakukan 3 Hal ini di Pagi Hari

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 12 2294500 tingkatkan-daya-tahan-tubuh-yuk-lakukan-3-hal-ini-di-pagi-hari-7rCTfLpqyG.jpg Foto: Dok Realfood

Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi Anda, yakni untuk menjaga Anda tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Terlebih dengan berakhirnya masa PSBB jilid II di Ibu Kota, kita akan dituntut untuk kembali siap menjalani aktivitas sehari-hari, karena itu Anda harus pintar menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh bisa saja menurun jika bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh, semua itu tentunya bisa membuat Anda menjadi sakit. Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh Anda, seperti wabah flu yang sering terjadi saat musim hujan seperti saat ini.

Bagi Anda yang aktif melakukan segala aktivitas setiap harinya, tentu sangat mengganggu jika Anda mudah terkena batuk, pilek, dan kondisi yang memengaruhi daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Penting untuk menjaga daya tahan tubuh secara ekstra dimulai sejak pagi hari, lho!

Lantas, Bagaimana menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit? Yuk lakukan 3 hal ini di pagi hari sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yuk!

1. Pastikan Jam Tidur Anda Tercukupi

Langkah pertama, ketika pagi hari pastikan jam tidur Anda tercukupi atau Anda bangun tidur di waktu yang tepat karena hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir dari nationalgeographic.com, studi Harvard Haack menyebutkan bahwa tidur mempengaruhi sel T yakni bagian dari sistem imun tubuh yang berfungsi melawan infeksi berbagai virus. Selain itu, Studi dari Jerman mengungkapkan bahwa kurang tidur dalam sehari saja bisa melemahkan kemampuan sel T dalam melawan virus.

 Berdasarkan penelitian dari University of California, meskipun virus dapat menyerang siapa saja berapa pun lama tidurnya, namun orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari terbukti 4,5 kali lebih rentan terserang gejala pilek dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 jam atau lebih. Berbagai studi menyebutkan bahwa lama tidur yang ideal bagi orang dewasa ialah selama 7-9 jam per hari, sedangkan kisaran waktu tidur yang ideal ialah dimulai dari pukul 10 malam.

2. Konsumsi Minuman Berkhasiat untuk Daya Tahan Tubuh

Sebelum bersiap memulai aktivitas Anda, disarankan awali hari dengan mengonsumsi minuman berkhasiat seperti rebusan air jahe dan kunyit yang mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi Anda yang tidak menyukai minuman rempah beraroma kuat, coba minuman peningkat daya tahan tubuh dengan cita rasa segar seperti jeruk peras bervitamin C tinggi. Namun, jika Anda memiliki gangguan maag, mungkin ini bukan opsi yang tepat.

 Tak perlu khawatir jika Anda tak menyukai minuman rempah, ada alternatif program sehat praktis dengan rasa nikmat untuk mengawali hari bersama keluarga yaitu Program Sehat Realfood. Diformulasi khusus terdiri dari berbagai kandungan, salah satunya sarang burung walet, Realfood merupakan minuman sarang burung walet pertama yang diproduksi secara steril dan modern dengan standar internasional ISO 22000 di Indonesia, serta telah tersertifikasi Halal dan BPOM. Tak hanya itu, Realfood juga tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.

Mengandung manfaat sarang walet untuk kesehatan, Realfood tak hanya sekadar sarang walet karena formulanya telah teruji ribuan kali oleh para ahli, serta diperkaya oleh kandungan lain yang dirancang dalam berbagai varian Program Sehat Realfood sesuai kebutuhan, termasuk meningkatkan imunitas tubuh.

Realfood Immune Support Package adalah Program Sehat Realfood yang tepat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi Anda dan keluarga, berisi Program 12 Hari Royal Wellness dan Program 12 Hari Stay Fit.

Realfood Royal Wellness

Realfood Immune Support Package juga ideal dikonsumsi secara penuh untuk Anda, dimulai dengan mengonsumsi Royal Wellness, kemudian dilanjutkan dengan mengonsumsi Stay Fit. Selain Royal Wellness dan Stay Fit, terdapat berbagai Program Sehat Realfood lain yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti Realfood Forever Young dan Forever Young+ yang diperkaya kolagen, Wonder Mom yang diperkaya Asam Folat, Pure Wellness yang bebas gula, dan Ever Glow yang diperkaya kurma.

 Program Sehat Realfood Royal Wellness adalah Fully Concentrated Bird's Nest dengan gula batu untuk mendukung pemenuhan nutrisi lengkap bagi segala usia. Realfood Fully Concentrated Bird’s Nest mengandung sarang walet yang lebih banyak sehingga menghasilkan tekstur yang lebih padat.

Terdapat kandungan yang dapat membantu menutrisi paru-paru dan meredakan batuk. Asam Amino Leusin, Valin, dan Isoleusin dapat membantu menjaga kesehatan saraf dan hati. Glikoprotein dan Asam Sialat di dalamnya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, membantu pemulihan saat sakit dan paska operasi, sekaligus memperbaiki sistem metabolisme tubuh sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita maag.

Sedangkan Program Sehat Realfood Stay Fit merupakan Semi Concentrated Bird’s Nest sehingga menghasilkan tekstur lebih cair yang pasti disukai anak. Program Sehat Realfood Stay Fit merupakan program ideal untuk si kecil karena dapat menghambat virus influenza yang sering menjangkit anak-anak.

Realfood Stay Fit

Asam Amino Tirosin yang terkandung di dalamnya dapat membantu menyembuhkan penyakit. Tak hanya itu, manfaat kandungan Asam Amino Lisin juga dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi Anda.

3. Saat Bangun Tidur, Awali dengan Latihan Pernapasan

Saat bangun dari tidur di pagi hari hal pertama apa yang Anda biasa lakukan? Jika Anda terbiasa langsung cek gadget ketika bangun tidur, maka Anda wajib mengubah kebiasaan tersebut. Disarankan hal yang dilakukan saat bangun tidur di pagi hari yaitu berikan fokus terhadap diri sendiri terlebih dahulu seperti melakukan latihan pernapasan.

Dikutip dari health.harvard.edu, stres dapat memperburuk sistem imun, bahkan meningkatkan kerentanan terjangkit penyakit. Salah satu cara mencegah stres ialah dengan melakukan respon relaksasi seperti melalui yoga, meditasi, dan relaksasi otot secara progresif. Aktivitas seperti meditasi merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengatur pernapasan menjadi lebih baik, sekaligus sebagai pengelola stres yang tepat.

Pernapasan perut secara mendalam mendorong pertukaran oksigen penuh yang masuk dan karbon dioksida yang keluar sehingga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan menstabilkan detak jantung. Pernapasan yang baik sangat penting untuk memberikan sinyal kepada tubuh bahwa Anda baik-baik saja sehingga dapat membantu menstimulasi respon positif imun dalam tubuh.

Bagaimana, siap melakukan 3 hal ini di pagi hari sebelum beraktivitas agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga ?

Yuk segera tingkat daya tahan tubuh keluarga tercinta di rumah bersama Program Sehat Realfood.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini