5 Efek Samping Berlebihan Konsumsi Teh Hijau

Novia, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 298 2294673 5-efek-samping-berlebihan-konsumsi-teh-hijau-7N9RNiD9Dj.jpg Teh hijau (Foto: Health Line)

Teh hijau dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat dan khasiat obatnya telah diakui selama berabad-abad di seluruh dunia, karena terbuat dari daun teh yang tidak teroksidasi dan lebih sedikit diproses.

Teh hijau ini mengandung antioksidan paling banyak dari teh apa pun. Ini memiliki efek anti-inflamasi dan anti-karsinogenik. Teh hijau ini juga memiliki bahan kimia alami yang disebut polifenol, ini mengandung sejumlah mikronutrien seperti seng, mangan, dan vitamin A, B, dan C.

Tidak dapat disangkal bahwa teh hijau sangat baik untuk Anda, tetapi terlalu banyak meminum teh hijau, lebih banyak ruginya daripada kebaikan. Pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi teh hijau hanya beberapa cangkir per hari.

Berikut beberapa tanda peringatan yang menunjukkan bahwa Anda sudah berlebihan meminum teh hijau seperti dilansir dari Healthsite.

 teh hijau

1. Jantung berdebar-debar

Meskipun teh hijau mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi, itu cukup untuk menghasilkan efek jika Anda mengonsumsi beberapa cangkir per hari. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan jantung berdebar-debar dan bahkan tekanan darah tinggi. Ini bisa berbahaya bagi orang dengan penyakit jantung

Jadi, batasi konsumsi teh hijau jika Anda menderita hipertensi, penyakit kardiovaskular, atau kondisi medis lainnya untuk mencegah potensi komplikasi.

2. Meningkatkan stres dan kecemasan

Secangkir teh hijau dapat membantu Anda bersantai setelah hari yang melelahkan. Namun, meminum beberapa cangkir teh hijau setiap hari dapat membuat Anda semakin stres. Ini karena terlalu banyak kafein dalam aliran darah Anda dapat memicu kelenjar adrenal Anda untuk menghasilkan lebih banyak hormon stres norepinefrin, adrenalin, dan kortisol.

3. Anemia

Teh hijau bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan dan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi yang dimana sel darah merah Anda yang berkurang atau tidak mencukupi.

Inilah alasan mengapa pakar kesehatan sangat menganjurkan asupan teh hijau segera setelah makan. Jika Anda mengalami anemia defisiensi besi, Anda mungkin mengalami kelelahan, pusing, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, nyeri dada, sesak napas, dan detak jantung yang cepat.

 Baca juga: Serunya Pevita Pearce Have Fun, Berbikini di Curug hingga Nyantai di Pantai

4. Sakit perut

Teh hijau juga mengandung tanin, yaitu senyawa nabati yang memiliki sifat astringen dan mampu mengecilkan beberapa jaringan di tubuh Anda. Terlalu banyak senyawa ini di dalam tubuh dapat menyebabkan mulut kering, mual, dan sakit perut. Serangan diare atau muntah yang berkepanjangan dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat memengaruhi fungsi ginjal Anda.

5. Gangguan tidur

Kafein berlebih dari teh hijau bisa membuat Anda lebih sulit tertidur. Minum teh hijau sebelum tidur juga dapat membuat Anda ingin buang air kecil di malam hari, yang dapat mengganggu tidur Anda, dan membuat Anda merasa lelah di pagi hari. Mereka dapat memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja dan mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini